JAYAPURA (PT) – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda mengaku, tahun ini ada empat sekolah di Papua yang menerapkan sistem Satuan Kredit Semester (SKS).

Dalam penerapan sistem SKS ini, Dinas Pendidikan memilih SMA Negeri 2 Dok IV Jayapura Utara, SMA Negei 4 Entrop, Jayapura Selatan, SMA 3 Buper Waena, Kota Jayapura dan SMA Adven Kabupaten Jayapura, yang mana persyaratannya sedang dilengkapi.

Menurutnya, sistem ini beberapa tahun lalu pernah diberlakukan di Papua dan saat ini mau diberlakukan lagi. Apalagi, program ini dari pusat.

“Ini berlaku bagi semua siswa yang mampu, nanti ada kelas khusus dan tentu jam belajar akan ditambah, sehingga berbeda dengan siswa di luar dari program ini,” ujarnya.

Dikatakan, keberadaan sekolah-sekolah di Kota Jayapura, khususnya SMA mulai menunjukan persaingan (dalam hal kelulusan) yang sangat luar biasa.

“Saat ini sekolah-sekolah mulai berlomba-lomba meningkatkan prestasi siswanya, dengan demikian bisa dikatakan kualitas pendidikan di Kota dan Kabupaten Jayapura semakin baik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Muhadjir mengungkapkan, penerapan sistem kurikulum di sekolah menjadi kebijakan sekolah di bawah Dinas Pendidikan terkait, termasuk dalam improvisasi memakai sistem SKS dalam pendidikannya.

“Itu kewenangan daerah untuk melakukan improvisasi untuk melakukan perbaikan. Saya belum bisa memberikan komentar lanjut terkait SKS, karena saya belum mempelajarinya lebih lanjut,” tegasnya.

Menurutnya, sistem SKS ini hampir sama dengan sistem akselerasi, yakni menekankan pada ruang individualisasi pada siswa. Jadi, anak bisa diurus dan dibimbing sesuai kemampuannya.(ing/rm)

LEAVE A REPLY