Atlet Papua Terima Bonus PON Jabar

JAYAPURA – Sejumlah atlet Papua yang meraih medali pada

PON 2016 di Jawa Barat secara resmi terima bonus. Bonus medali tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH selaku Ketua Umum KONI Papua, Sabtu (3/12) di Stadion Mandala Jayapura.

Gubernur Lukas Enembe mengatakan, bonus ini diberikan kepada duta-duta olahraga Papua berjumlah Rp 60 miliar dimana untuk medali emas perorangan Rp 600 juta, medali Perak Rp 250 juta dan medali Perunggu Rp 150 juta. Sementara medali emas beregu atau kelompok sebesar Rp 1 miliar, Medali perak Rp 400 juta dan medali perunggu Rp 200 juta.

Selain atlet ternyata sejumlah asisten manager, pelatih, asisten pelatih, measure dan tim medis juga menerima bonus namun dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur tidak dibacakan angka nominalnya. “Jadi, bonus yang diberikan ini untuk merangsang atau mendorong atlet-atlet Papua untuk tetap berlatih untuk PON XX di Tanah Papua,”kata Gubernur kepada wartawan.

Gubernur mengaku, pemberian bonus ini sudah menjadi komitmen dari Pemprov Papua untuk memberikan bonus bagi atlet yang berhasil meraih medali di PON Jawa Barat. “Sampai hari ini, provinsi lain di Indonesia hanya janji dan belum berikan bonus kepada atletnya tapi kami di Papua langsung ditransfer ke rekening atlet masing-masing,”ujarnya.

Lebih jauh Gubernur menerangkan, di PON XX tahun 2020 di Papua tidak hanya untuk menjadi juara tetapi kualitas atlet yang harus tingkatkan sebab Papua sudah komitmen untuk hanya menggelar cabang olahraga Sea Games, Asian Games dan Olimpiade. “Itulah sebabnya, saya tidak mau Papua tuan rumah lalu harus juara umum. Tapi kita harus tunjukan bahwa Papua hebat dan gudang atlet nasional serta bisa berprestasi di tingkat nasional dan internasional,”bebernya.

Sekedar diketahui, Provinsi Papua yang mengirimkan ratusan atlet, pelatih dan oficial mengikuti 34 cabang olahraga. Diajang PON Jawa Barat atlet Papua mampu membawa pulang total 68 medali dari raihan 18 medali emas, 18 perak dan 32 perunggu serta berada di peringkat kedelapan. (tim)

LEAVE A REPLY