JAYAPURA – Dalam rangka mendukung tata kelola Pemerintah Provinsi Papua yang baik, transparan dan akuntabel maka sebanyak lima kabupaten/kota menandatangani rencana aksi pemberantasan korupsi. Kelima daerah tersebut antara lain, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM dalam sambutannya menyatakan, penandatangan dan workshop rencana aksi program pemberantasan korupsi ini akan semakin memperkuat dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa bebas KKN.

“Tanda tangan komitmen adalah janji yang harus dilaksanakan dan ditagih pertanggungjawabannya,” jelasnya.

Untuk itu, kata Klemen Tinal, kepala SKPD terutama penanggungjawab harus menindaklanjuti dan melaporkan progresnya setiap bulan kepada Gubernur Papua dan diteruskan ke KPK dan harus selesai pada paling lambat pertengahan pada tahun 2017. “Direncanakan bahwa perencanaan dan penganggaran pemerintah provinsi Papua tahun 2018 sudah e-Governance,, e-Planing dan e-Budgeting yang terintegraasih,”tambahnya.

Wagub Klemen Tinal meminta agar penertiban aparatur pemerintah daerah harus ditingkatkan, guna penegakan aturan dan disiplin. “Penertiban aparatur pemerintah daerah ini untuk meminimalisasi terjadinya penyalagunaan wewenang atau penyelewenangan yang merugikan Negara atau daerah dan menghambat pembangunan daerah yang berdampak merusak citra dan kewibawaan aparatur pemerintah,”tegasnya.

Ia berharap aparatur pemerintah cepat tanggap dan cepat tindak terhadap setiap permasalahan yang terjadi dalam penyelanggaraan pemerintah di daerah, dengan mengambil langkah-langkah prioritas penanganannya dan penanganan tindak lanjut terhadap adanya pengaduan-pengaduan maupun informasi dari masyarakat tentang adanya penyalagunaan wewenang maupun penyimpangan oleh aparatur di daerah.

“Tingkatkan pengetahuan dan kemampuan, khususnya menyangkut tupoksi masing-masing, karena kedepan akan semakin berat dalam rangka mewujudkan suatu pemerintahan yang baik dan bersih,”jelasnya. (tim)

LEAVE A REPLY