JAYAPURA – Setelah sempat mengalami gangguan jaringan telepon seluler dan internet karena kabel optik milik PT Telkom terputus di dasar laut akibat gempa, kini jaringan tersebut sudah kembali normal dan berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu dilakukan setelah adanya perbaikan yang dilakukan oleh PT Telkom Witel Papua dengan mendatangkan kapal CS Nusantara Explorer ke Jayapura.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi Papua bersama PT Telkom Witel Papua secara resmi mengumumkan jaringan telepon seluler maupun internet di Kota dan Kabupaten Jayapura kembali normal mulai Jumat (27/1) pukul 22.15 WIT pasca perbaikan pada Sulawesi Maluku Cable System (SMPCS) tuntas dilaksanakan di laut Ormu, Distrik Ravenirara, Kabupaten Jayapura.

“Sejak hari ini (sabtu-red) semua hubungan komunikasi baik itu telepon seluler dan internet sudah kembali normal dan diharapkan menjadi pengetahuan bagi masyarakat karena memperbaiki kabel optik tentunya memerlukan waktu yang lama dan memang hanya dikerjakan oleh orang-orang tertentu bahkan tidak banyak di Indonesia termasuk kapalnya,”ungkap Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Provinsi Papua, Drs Elia I Loupatty, MM didampingi General Manager (GM) PT. Telkom Witel  Papua, Lonely Baringin, Kapten Kapal CS Nusantara Explorer, Nurhidayat, Offshore Installation Manager (OIM) Kapal CS Nusantara Explorer, Olivier serta Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua, Israil Ilolu, SE, MM ketika memberikan keterangan pers di Pelabuhan Laut Jayapura.

Dikatakan, dengan selesainya perbaikan kabel optik diharapkan masyarakat dapat kembali menggunakan jaringan telepon selulernya dan internet seperti sedia kala. ”Kita berharap tidak terjadi lagi seperti sebelumnya,”tambahnya.

Menurut Elia Loupatty, dibawah laut Jayapura hingga Sarmi  sebagian dipenuhi oleh lava dan meskipun pihaknya tidak memberi kesimpulan tetapi besar kemungkinan ada bukit atau gunung yang tinggi dibawah laut bahkan ada yang mencapai 4 km. Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi PT Telkom melalui anak perusahan PT Telkominfra yang dengan segala upaya mampu menuntaskan perbaikan kabel optik dengan baik.

”Mereka mampu mengerjakan dengan baik dan menggunakan bahan dengan kualitas nomor satu, tidak ada yang KW,”bebernya.

Sementara itu, GM PT Telkom Witel  Papua, Lonely Baringin menyebutkan dengan selesainya perbaikan maka jaringan telepon selulernya dan internet telah kembali normal. ”Sekarang masyarakat bisa kembali menggunakan jaringan  telepon selulernya dan internet seperti biasa,”tandasnya. Meskipun Kapal CS Nusantara Explorer memiliki jadwal yang jelas tetapi kapal ini selalu hadir ketika terjadi kerusakan kabel otpik di Papua. (tim)

 

LEAVE A REPLY