JAYAPURA – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengatakan, dipastikan dalam bulan ini Dinas Kesehatan Provinsi Papua bakal merekrut kembali Satuan Tugas Kaki Telanjang (Satgas Kijang) untuk melayani masyarakat di daerah terisolir.
Giyai mengungkapkan, ketika dilihat kembali tentang pengalaman Satgas Kijang yang diturunkan pada tahun 2015/ 2016 telah mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat di seluruh pelosok Provinsi Papua. Dengan demikian, Pemprov Papua melalui Dinas Kesehatan memastikan bakal merekrut tenaga Satgas Kijang.
“Hal ini merupakan program dari Gubernur Papua untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah-daerah terisolir sehingga kita akan tetap melanjutkan program ini,”bebernya.
Menurutnya, masih banyak daerah di Papua yang belum terjangkau pelayanan kesehatan namun saat ini dengan kebeeradaan Satgas Kaki Telanjang yang telah bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
Artinya bahwa sebelumnya masyarakat di daerah terpencil dan terisolir sama sekali belum mendapat pelayanan kesehatan secara baik sehingga dengan keberadaan Satgas Kaki Telanjang maka masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik.
Mengenai perekrutannya, ditargetkan sebanyak 200 orang yang bakal direkrut sama halnya dengan kuota Satgas Kijang tahun 2015-2016. “Petugas ini hadir dengan harapan mampu memutus mata rantai kematian yang selama ini belum mampu diselesaikan petugas kesehatan karena keterisolasian yang ada,”imbuhnya. (tim)

LEAVE A REPLY