SARMI – Dalam rangka mendistribusikan semua logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) di seluruh pelosok Kabupaten Sarmi maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarmi menggunakan helikopter.

Sekedar diketahui bahwa ada tiga distrik yang harus dijangkau dengan transportasi udara yakni Distrik Apawer Hulu, Toor Atas dan Bora Bora.

Penjabat Bupati Sarmi, Drs. Elia I Loupatty, MM mengatakan, pergeseran logistik menggunakan jalur udara meski letaknya sangat jauh dan terpencil namun masyarakat disana juga berhak menyalurkan hak pilihnya.

Dengan demikian, Bupati Loupatty memastikan pilkada di Kabupaten Sarmi dapat berlangsung serentak.

“Kemarin cuaca sangat baik sehingga logistik pilkada bisa digeser ke tiga distrik itu,”ujarnya.

Khusus untuk keamanan sebagaimana laporan Kapolres Sarmi dan Dandim Sarmi sampai sore kemarin cukup kondusif dan tidak ada hal yang dikhawatirkan.

“Saya harap partisipasi dari masyarakat Sarmi untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani dan bagi penyelenggara untuk bekerja dengan jujur,”imbaunya.

Selain itu, bagi masyarakat sarmi agar tidak terpangaruh dengan godaan atau rayuan dari oknum yang tidak bertanggungjawab dengan memberikan uang agar memilih calon tertentu.

Dan kepada masyarakat yang mengetahui praktek seperti itu supaya segera menangkap dan melaporkannya ke pihak berwajib.

“Kalau ada yang bagi-bagi uang untuk coblos calon tertentu supaya diusir orangnya atau laporkan ke polisi. Dan upaya serangan fajar supaya ditolak kalau punya iman. Pilih sesuai dengan hati nurani,”tegasnya.

Sekedar diketahui, Pilkada Kabupaten Sarmi diikuti oleh empat pasangan colon bupati dan wakil bupati diantaranya pasangan nomor urut 1 yakni Eduard Fonataba, MM berpasangan dengan Yosina Insyaf, SE, MM.

Kemudian pasangan nomor 2 Berthus Kyeuw Kyeuw, M.MT berpasangan dengan Sholeh, S.Pd, pasangan nomor urut 3 Ir, Alberthus Suripno berpasangan dengan Adrian Senis, Amd.Tek dan pasangan nomor urut 4 Demianus Kyeuw kyeuw, SH,MH berpasangan dengan Ir. Musriadi, HP, M.Si. (tim)

LEAVE A REPLY