JAYAPURA – Dalam rangka meningkatkan mutu ketahanan pangan di Provinsi Papua khususnya kebutuhan-kebutuhan pangan seperti cabe, maka diharapkan masyarakat khususnya kelompok binaan oleh pemerintah supaya membudayakan menanam cabe di pekarangan rumah masing-masing.

Demikian diungkapkan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH saat memberikan arahan pada acara penandatanganan pencanangan penanaman serentak bibit cabe di halaman Kantor Gubernur Papua, Senin kemarin sekaligus apel gabungan.

Dijelaskan Gubernur Lukas Enembe, pihaknya meminta kepada dinas atau badan terkait yang berhubungan dengan ketahanan pangan supaya bisa membina masyarakat untuk menanam kebutuhan-kebutuhan pangan di lingkungannya.

“Harus ada percontohan-percontohan karena kita selama ini bekerja sudah beberapa tahun tidak ada percontohan. Oleh karena itu, kelompok binaan harus dibentuk kemudian dibina sehingga kerja nyata dan jelas termasuk kebutuhan pangan kita tercukupi,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluh Provinsi Papua, Robert Edi Purwoko menjelaskan, pencanangan ini sebagai tindak lanjut dari Rakernas Kementerian Pertanian di Jakarta.

Saat itu, katanya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melihat terjadinya inflasi yang disebabkan oleh harga cabe yang cukup tinggi.

“Pak Menteri menyampaikan bahwa hal itu bisa diatasi dengan memanfaatkan pekarangan atau rumah tangga masing-masing,”ucapnya.

Selain itu, Menteri Pertanian juga menekankan supaya pihaknya bisa menyiapkan bibit-bibit cabe untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis dengan bekerjasama dengan TP PKK Provinsi Papua dan juga di kabupaten/kota.

Disamping kegiatan pencanangan ini ternyata sudah lebih dulu ditindaklanjuti dengan melakukan kerjasama antara TP PKK Provinsi Papua dengan Badan ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluh Provinsi.

Bahkan disela-sela acara itu juga dilakukan penandatanganan pencanangan penanaman serentak bibit cabe yang dilakukan Ketua TP PKK Papua, Ny. Yulce Enembe, SH dan Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluh serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Papua kemudian disaksikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH di halaman Kantor Gubernur, Senin (20/2) kemarin. (tim)

LEAVE A REPLY