JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten dan Kota di Papua didorong untuk mengembangkan komoditas unggulan terutama di bidang perkebunan.

Sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan dan sekaligus meningkatkan ekonomi petani Papua.

Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA. Hery Dosinaen, S.IP, MKP disela-sela Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Dalam Rangka Koordinasi dan Konsultasi Pembangunan Perkebunan Se-Provinsi Papua tahun 2017, di Fave Hotel Jayapura, Selasa (14/03).

Sekda menjelaskan, 60 persen masyarakat yang berada di daerah pedalaman dan pesisir Papua masih bergantung pada ubi-ubian dan sagu sebagai bahan pangan. Oleh karenanya, pengembangan komoditas unggulan, hendaknya memperhatikan kearifan lokal yang ada di masyarakat setempat.

“Kalau kita bicara perkebunan di Papua membutuhkan tantangan yang luar biasa, karena terkait dengan tanah adat, kondisi geografis, keamanan dan aspek-aspek yang berkorelasi dengan kearifan lokal masyarakat yang sangat kental dan ini tantangan yang sangat luar biasa,”ujar Sekda.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, Rakernis yang dilaksanakan ini diharapkan kepada kabupaten/kota sudah harus petahkan perkebunan di Papua.

Dimana perkebunan bukan satu areal tanah yang besar, tapi bagaimana memberikan pemahaman kepada masyarakat dan kelompok masyarakat untuk membuka lahan-lahannya untuk menanam komuditi unggulan.

“Di Raker Pertanian kemarin saya juga sudah tegaskan, jangan pertemuan atau raker seperti ini tidak ada fokus yang menjadi sasaran, yang menjadi kosentrasi kita. Semua Kabupaten dengan kondisi yang berbeda, dan kita ada lima wilayah adat, punya karifan lokal yang berbeda dan perlu menjadi perhatian kita bersama-sama,”bebernya.

Selain itu, Sekda mengaku Pemerintah Provinsi Papua dibawa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Lukas Enembe-Klemen Tinal sangat memberikan perhatian penuh kepada sektor perkebunan di Provinsi Papua.

Usai pembukaan Rakernis, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertaninan RI, Ir.Bambang, MM menyerahkan penghargaan kepada dari Kementerian Pertanian kepada Gubernur Papua yang serius memberikan perhatian di bidang perkebunan dan Pertanian. (lam/al)

LEAVE A REPLY