JAYAPURA – Jika sebelumnya sempat mengalami kendala dana untuk membangun ruas jalan ring road, kini Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pekerjaan Umum bakal kembali melanjutkan pekerjaan tersebut.

Hal itu terungkap setelah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Djuli Mambaya melakukan peninjauan pembangunan jalan ring road tersebut, Selasa (14/3).

Dijelaskan Djuli, pihaknya membutuhkan dana sekitar Rp 80-90 miliar untuk menuntaskan pembangunan ruas jalan ring road sepanjang 375 meter.

Dana miliaran rupiah ini, kata Djuli akan diajukan ke DPRP melalui APBD Perubahan Tahun 2017.

“Kami telah menyiapkan dana APBD Pemprov Papua sebesar Rp 87 miliar untuk melanjutkan pembangunan ruas jalan ring road ini. Dana ini disiapkan untuk melanjutkan pembangunan jalan sepanjang 375 meter yang belum tersambung,”ungkapnya.

Diakuinya, ketika dana tambahan tersebut disetujui maka ruas jalan ring road langsung tersambung.

Dan dalam proses pengerjaan pembangunan ruas jalan tersebut akan dilaksanakan dari dua arah sehingga dapat selesai sesuai target pada akhir 2017.

“Kami akan melakukan pengawasan langsung dilapangan untuk mengantisipasi penyimpangan. Dan kita akan lelang lagi,”tuturnya.

Menurutnya, ruas jalan ring road sangat bermanfaat untuk mengatasi kemacetan transportasi di Kota Jayapura dan disisi lain bahwa jalan ini juga ditujukan untuk mengatasi beban di ruas jalan Skyland yang terus bertambah.

“Jalan Skyland sudah miring-miring karena kelebihan beban dan jalan ring road merupakan karya seni infrastruktur di Papua. Ini juga salah satu bentuk kecintaan Jakarta kepada Papua,”imbuhnya.

“Dan harapan kita akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018 sudah dapat diresmikan oleh Gubernur Papua atau Presiden Republik Indonesia,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY