JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengharapkan kerjasama dan dukungan baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun mitra pembangunan untuk lebih memperkuat pemerintah provinsi dalam perbaikan tata kelola pemerintahan.

Seperti diketahui Pemprov Papua telah meluncurkan E-Gobernment dan untuk penerapannya E-Government baru merupakan langkah awal dari perbaikan tata kelola pemerintahan di Papua.

Karena kedepan masih dibutuhkan langkah selanjutnya agar sistem bisa berjalan dengan baik.

“Ini baru langkah awal dan kedepan masih dibutuhkan langkah-langkah selanjutnya agar sistem ini dapat berjalan dengan baik. Sistem elektronik lainnya akan menyusul untuk diterapkan,”kata Gubernur Lukas Enembe.

Menurutnya, beberapa aplikasi sistem elektronik perencanaan, perijinan dan layanan samsat yang sudah diberlakukan merupakan milik bersama. Baik Pemprov maupun Pemkab dan Pemkot serta seluruh perangkat daerah.

“Kami berkomitmen dalam penerapan sistem tersebut. Seluruh pimpinan OPD provinsi, kabupaten dan kota harus mendukung dan segera menerapkan sistem ini,”ucapnya.

Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sejak tahun lalu telah mendampingi Pemprov Papua dalam upaya perbaikan tata kelola yang mana salah satunya dengan peresmian E-Goverment.

Gubernur menambahkan, untuk mengakomodir berbagai program kerjasama di Papua maka pihaknya telah membentuk koordinator kerjasama pembangunan atau K2MPD.

Hal ini dalam rangka untuk memfasilitasi, mengarahkan dan memantau program kerjasama pembangunan agar dapat bersinergi dengan prioritas pembangunan provinsi dan kabupaten/kota. (ing/rm)

LEAVE A REPLY