JAYAPURA – Direktur RSUD Jayapura, Josef Rinta mengaku, RSUD Jayapura sudah dapat melakukan melakukan pelayanan katerisasi jantung bekerjasama dengan Rumah Sakit Harapan Kita.

“Sebagai rumah sakit rujukan, kita sudah melakukan katerilsasi jantung, operasi batu ginjal dan penggunaan alat siti scan radiologi yang sudah dapat beroperasi pada tanggal 8 atau 9 April 2017,”ungkapnya dalam pertemuan dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sasana Karya.

Menurutnya, operasi perdana akan dilakukan bertepatan dengan 4 kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM pada 9 April 2017 mendatang.

“Akan langsung dilakukan operasi perdana. Tergantung Gubernur mau berkunjung ke rumah sakit,”jelasnya.

Dikatakannya, untuk mendukung operasi jantung di RSUD Jayaura tersebut akan ada kunjungan dari tim Rumah Sakit Harapan Kita sekaligus akan dilakukan katerisasi operasi jantung perdana.

“Alatnya sudah siap dan tenaga dari rumah sakit harapan kita sudah siap datang. Karena memang kita masih membutuhkan bimbingan dari RS Harapan Kita,”imbuhnya.
Sekedar diketahui, RSUD Jayapura dan RS Harapan Kita Jakarta bekerjasama membuka pelayanan katerisasi jantung di Papua.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan antara kedua rumah sakit yang dilakukan Direktur RSUD Jayapura, Josef Rinta dengan Direktur RS Harapan Kita Hananto di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, dengan dilakukannya penandatangan kerjasama maka RSUD Jayapura akan mendapat dukungan penuh dalam rangka memberikan pelayanan kepada pasein jantung.

“Alat untuk katerisasi sudah terpasang di RSUD Jayapura,”terangnya.

Nantinya, RS Harapan Kita secara berkala akan memberikan bantuan tenaga dokter serta melatih baik dokter maupun tenaga medis.

Dimana, RSUD Jayapura baru memiliki tiga dokter spesialis jantung dan ke depan akan terus menambah fasilitas yang dimiliki sehingga nantinya dapat melakukan operasi bedah jantung. (ing/rm)

LEAVE A REPLY