JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengungkapkan, penerapan otonomi seutuhnya membawa konsekuensi logis berupa pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah berdasarkan manajemen keuangan yang sehat menuju pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

“Untuk itu, dibutuhkan Sumber Daya Aparatur yang profesional berkualitas, kompeten dan memiliki integritas tinggi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,”ungkap Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri, SE, MM pada Pelatihan Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan dan Bendahara Pengeluaran yang digelar BPKAD, Selasa (4/4/2017) di Horison Hotel Jayapura.

Gubernur menjelaskan, pelatihan ini sesuai dengan PERMENDAGRI No. 13 tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Dan otonomi daerah dalam pengambilan keputusan daerah secara lebih leluasa dan bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya yang dimiliki sesuai dengan kepentingan, proritas dan potensi daerah.

“Kewenangan yang luas, utuh dan bulat yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi pada semua aspek pemerintahan ini yang pada akhirnya harus dipertanggung jawabkan kepada pemberi wewenang dan masyarakat,”terang Elysa Auri.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua. Ridwan Rumasukun, mengatakan para peserta yang mengikuti pelatihan ini merupakan urat nadi dari penyelenggaraan keuangan daerah yang terdiri dari Kasubag keuangan yang juga sebagai Pejabat Pengelola Keuangan (PPK) dibantu oleh bendahara pengeluaran dan pembantu bendahara pengeluaran.

“Nah, kenapa kita kasih mereka penyegaran/refresh ini. Karena pertama ada aturan yang berubah. Oleh karena itu SDM pengelola keuangan harus menyesuaikan,”jelas.

Selanjutnya agar para kasubag keuangan dan bendahara ini agar lebih berhati-hati melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar.

“Ketiga mereka ini kalau kita ibaratkan tubuh. Mereka ini aliran darah atau jantung. Kita mendapat opini WTP disebabkan karena pengeluaran pengelolaan keuangan mereka ini baik. Oleh karena itu, kita berikan apresiasi untuk teman-teman ini, terhadap pelaksanaan tugas yang telah mereka lakukan selama ini,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY