JAYAPURA – Sebanyak 76 sekolah dan 7.996 siswa tingkat SMA/MA yang tersebar di Kota Jayapura, Biak, Kepulauan Yapen, Merauke, Nabire, Mimika, Keerom dan Sarmi bakal menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sementara jumlah peserta UN untuk SMA/MA/SMALB/SMTK.SMAK tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 19.155 dari 295 sekolah. Hal ini mengalami peningkatan jika dibanding tahun 2015/2016 sebanyak 18.008 dari 266 sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda, S.Pd, MH mengungkapkan, pelaksanaan UN tingkat SMA/MA akan dilaksanakan pada 10-13 April 2017 mulai pukul 7.30 WIT dan akan dilaksanakan secara serentak di Indoensia.

“Jadi mulai hari Senin, ujian nasional tingkat SMA/MA mulai digelar baik untuk ujian nasional berbasis komputer maupun ujian nasional yang tidak menggunakan komputer,”terangnya.

Dikatakan, untuk distribusi soal telah didistribusikan ke kabupaten/kota. Dan pelaksanaan UN tahun ini memang agak sedikit berbeda jika dibanding tahun lalu.

Menurut Elias Wonda, pihaknya mengharapkan kepada seluruh sekolah di Papua yang menggelar UN agar berlaku jujur dalam penyelenggaraan.

Sementara itu, untuk Kota Jayapura, lanjut Wonda, sesuai laporan dari Pemkot Jayapura ada sebanyak 30 sekolah menggunakan sistem UNBK.

“Kota Jayapura merupakan barometer Papua sehingga SMA/SMK serta SMP/MTs melakukan UNBK,”imbuhnya.

Ditambahkannya, tahun lalu Papua di urutan keenam Se-Indonesia penyelenggara UNBK.
Hal ini terbukti bila Papua tidak kalah dengan provinsi lainnya yang berada di urutan keenam. (ing/rm)

LEAVE A REPLY