JAYAPURA – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, Reky D Ambrauw, S.Sos, M.Si mengungkapkan bahwa perlu adanya sinergitas antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Perhubungan Se-Provinsi Papua baik Dinas Perhubungan Provinsi Papua maupun Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhubungan yang berada di Papua.

“Sesuai dengan pesan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH melalui Sekda Papua, TEA. Hery Dosinaen, SIP, MKP dimana beliau minta supaya harus ada koordinasi yang baik antara Dinas Perhubungan Provinsi dan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota. Sehingga ada sinergitas antara provinsi dan kabupaten/kota,”ungkapnya saat menutup secara resmi Forum OPD Perhubungan Se-Provinsi Papua di Hotel Sahid Papua, Rabu (5/4/2017).

Kadishub Reky menjelaskan, jajaran Dishub juga diminta untuk membangun koordinasi yang baik dengan UPT Kemenhub di Papua terutama yang menangani perhubungan udara.

“Memang kita perlu komunikasi dan kerjasama sehingga semua pihak bisa bersinergi dengan baik dan hampir 60 persen UPT Kemenhub di Papua menangani perhubungan udara. Selain itu, kita perlu untuk meningkatkan kerjasama mengingat mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan. Kami dari Dishub Papua tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan dukungan dari mitra kerja kita sehingga kegiatan yang kita laksanakan semua harus saling bersinergi,”imbuhnya.

Dikatakan, sinergitas penting dalam mendukung visi misi Gubernur Papua yang mana perlu akselerasi pembangunan infrastruktur transportasi dalam rangka membangun jaringan infrastruktur transportasi dalam rangka membangun jaringan transportasi terpadu (darat, laut, sungai dan udara) hingga ke pelosok kampung-kampung.

“Akselerasi pembangunan infrastruktur transportasi di Papua sangat penting dan strategis karena dapat memperkecil kesenjangan pembangunan antar wilayah. Selain itu, pembangunan infrastruktur tranportasi memiliki efek ganda yang dapat meningkatkan konektivitas dan aktivitas ekonomi,”ucapnya.

Reky menambahkan, dengan terbangunnya infrastruktur perhubungan sampai ke pelosok kampung-kampung maka diharapkan akan mendukung pertumbuhan dan pelayanan sektor lainnya serta berfungsi multi efek dalam mendukung pembangunan daerah.

“Melalui forum ini diharap dapat melakukan evaluasi terhadap komitmen kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang transportasi,”pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY