JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, beberapa tahun belakangan ini pembangunan kesehatan menjadi fokus utama karena masalah kesehatan berdampak terhadap IPM Papua yang rendah.

Bahkan, lanjut Gubernur mengakui bahwa tantangan pembangunan kesehatan di Papua sangat tinggi yang disebabkan banyaknya masalah kesehatan yang muncul di Papua.

Oleh karena itu, Gubernur meminta kepada seluruh petugas kesehatan supaya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Saya minta seluruh Kepala Dinas Kesehatan mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota termasuk para Direktur Rumah Sakit Se-Papua agar program Kartu Papua Sehat (KPS) dapat berjalan dengan baik kepada masyarakat.

Sebab BPJS tidak mungkin dapat menanggulangi semua penyakit. Untuk itu, kita
harus intervensi dengan KPS sehingga diharapkann semua KPS sudah berjalan dengan baik di Papua,”ungkapnya ketika memberikan sambutan di RSUD Jayapura, Senin (10/4/2017).

Gubernur menambahkan, Pemerintah Provinsi Papua akan terus berupaya menjadikan RSUD Jayapura sebagai rumah sakit rujukan terbaik di Indonesia Timur dan sekarang ini sedang berupaya agar status RSUD Jayapura menjadi tipe A.

“Kalau alat-alat rumah sakit yang baru kita datangkan seperti Cathlab (jantung), CT Scan, Laparoskopy, Brankoskopy, Endoskopy, Microskop Mata, Eswi (alat penghancur batu ginjal) maka RSUD Jayapura paling tidak bisa yang terbaik di Indonesia Timur bahkan di wilayah Pasific,”terangnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY