JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Peternakan dan
Kesehatan Hewan Provinsi Papua kini sedang melakukan penjajakan rencana kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Kita baru jajaki kerja sama. Dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan ITB Bogor,”ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Papua, Petrus Pasereng kepada wartawan disela-sela Musrenbang di Sasana Krida Kantor Gubernur, Rabu (19/4/2017).

Petrus Pasereng menjelaskan, kerjasama yang sedang dijajaki dengan IPB tersebut dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Orang Asli Papua (OAP).

Dikatakan, Pemerintah Provini Papua akan segera melakukan nota kesepahaman lewat MoU dengan IPB dalam waktu dekat. Sehingga kedepan anak-anak asli Papua bisa di didik dalam bidang pertanian maupun peternakan di insititut tersebut.

“Kita sudah melakukan pembicaraan. Dan pihak IPB akan mengudang kami ke Bogor untuk melakukan MoU,”terangnya.

Kadis Petrus menambahkan, mengenai draf MoU akan disiapkan oleh Biro Otonomi Khusus (Otsus) Papua. Dan ketika sudah ditandatangani MoU maka anak-anak Papua sudah bisa dikirim ke IPB Bogor.

Disinggung jumlah pengiriman anak-anak Papua untuk tahap pertama, Petrus Pasereng mengakui bahwa masih akan dibicarakan lagi. Karena masih akan dibahas dalam pertemuan dengan pihak IPB.

“Tentu dalam kerjasama nantinya akan menguntungkan di masa yang akan datang bagi Provinsi Papua,”tandasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY