JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua memastikan hingga kini baru enam kabupaten/kota yang sudah mengusulkan kepala daerah definitif yang memenangi pilkada serentak tahun 2017 supaya dilantik.

Setelah diusulkan ke Pemprov Papua kemudian diusulkan kembali ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri selanjutnya ditetapkan dengan Menteri Dalam Negeri tentang pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati maupun Wali Kota dan Wakil Wali kota.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah Provinsi Papua, TEA. Hery Dosinaen, SIP, MKP ketika ditemui di Kantor Gubernur Papua, Kamis (20/4/2017).

“Hingga kini sudah ada 5 kabupaten dan 1 kota yang sudah menyurat ke Gubernur Papua dan telah diusulkan ke Kemendagri untuk penetapan dan menunggu SK dari Kemendagri,”terang Sekda.

Sekda menegaskan, pihaknya juga masih menunggu petunjuk lebih lanjut terkait dengan pelantikan kepala daerah terpilih apakah dilakukan serentak atau dilakukan di masing-masing di kabupaten/kota.

“Kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Presiden melalui Kemendagri tentang apakah pelantikan nanti dilakukan secara serentak atau dilaksanakan di masing-masing di kabupaten/kota,”ucapnya.

Diuraikannya, keenam daerah tersebut diantaranya Kabupaten Mappi, Kabupaten Nduga, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Dogiyai dan Kota Jayapura.

Sementara itu, Penjabat Bupati Mappi, DR. Ribka Haluk menyebutkan bahwa pengusulan Bupati dan Wakil Bupati definitif telah dilakukan oleh pihaknya kepada Gubernur Papua yang selanjutnya ditindaklanjuti ke Presiden melalui Mendagri.

“Kita sudah surati kepada ke Pemerintah Provinsi Papua yang selanjutnya ditindaklanjuti ke Presiden melalui Kemendagri. Intinya kita tinggal menunggu petunjuk selanjutnya,”pungkasnya. (ama/lam/rm)

LEAVE A REPLY