SIDOARJO – Pemerintah Provinsi Papua kembali menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI atas keberhasilan menangani daerah terisolir di Papua.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan karena Papua menjadi salah satu provinsi yang hingga kini masih ada daerah yang transportasinya masih menggunakan pesawat.

Penghargaan penanganan daerah terisolir di daerah Otonomi Khusus/Istimewa Tahun 2017 ini diserahkan secara langsung oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, DR. Sonny Sumarsono mewakili Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang diterima oleh Kepala Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua di Jakarta, Alex Kapisa mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH.

Penghargaan tematik otonomi daerah ini diberikan kepada provinsi maupun kabupaten/kota yang menunjukan hasil karya tertinggi pelaksanaan pembangunan lima tahun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.

Dirjen Otda Kemendagri RI, DR. Sonny Sumarsono mengungkapkan bahwa penghargaan yang diberikan kepada daerah yang mampu mengimplementasikan Otonomi Daerah dengan baik, dimana daerah telah mampu menjalankan Otda dengan baik.

“Penghargaan merupakan bentuk apresiasi kepada daerah yang mampu mengimplementasikan Otonomi Daerah dengan baik. Kami harapkan agar semangat Otda ini hendaknya menjadi komitmen dalam pelayanan publik dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah masing-masing,”ungkapnya saat memberikan sambutan.

Apa yang ditunjukan oleh provinsi, kabupaten/kota, ujar Sumarso, tidak terlepas dari kerja keras yang dilaksanakan provinsi maupun kabupaten/kota.

“Apa yang telah diraih oleh provinsi, kabupaten/kota ini merupakan gambaran kinerja keberhasilan secara nasional,”ujarnya.

Sumarsono dengan lugas memuji beberapa daerah Otonomi Khusus seperti Papua, DI Yogyakarta dan Nanggroe Aceh Darusalam.

“Kalau Papua bisa, Yogyakarta bisa, Aceh bisa kenapa daerah lain tidak bisa. Ini cerminan buat Indonesia,”tuturnya.

Otonomi Award ini diharapkan menjadi motivasi bagi daerah untuk bagaimana bisa meningkatkan kinerja pelayanan, terutama dalam mengimplementasikan Otda dengan baik.

“Harus ada komitmen yang kuat untuk bagaimana meningkatkan kinerja pelayanan,”kata Sony Sumarsono.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua di Jakarta, Alex Kapisa mewakili Pemprov Papua menyampaikan terima kasih atas pemberian penghargaan bagi Gubernur Papua, mengingat di era kepemimpinan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal, SE, MM ada sebuah harapan untuk menjangkau masyarakat Papua yang berada di daerah terisolir.

“Ini merupakan sebuah motivasi bagi Papua, terutama di era pak Gubernur, Lukas Enembe dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal, pemerintah telah berupaya membuka keterisolasian daerah dengan menjangkau masyarakatnya,”pungkasnya. (ama/ing/rm)

LEAVE A REPLY