JAYAPURA – Arsip merupakan salah satu hal yang sangat penting dan fundamental dalam pertanggungjawaban sebuah administrasi dalam pengelolaan pemerintah.

Banyak permasalahan yang terjadi hanya diakibatkan oleh salah urusnya sistem penyimpanan arsip pada setiap organisasi atau system birokrasi pemerintah selama ini.

Oleh sebab itu, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan perlu mendapat perhatian serius dengan diikutsertakan dalam kegiatan Diklat atau Bimtek Kearsipan.

Demikian dikatakan Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Sumber Daya Manusia dan Kesejahteraan Sosial, Annie Rumbiak mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH saat membuka kegiatan Bimbingan Konsultasi Teknis Pengelolaan Arsip Aset Nasional dilingkungan Pemprov Papua, Rabu (3/5/2017) di Hotel Aston Jayapura.

Gubernur mengatakan, tanpa arsip maka kelangsungan sebuah organisasi tidak menjalankan fungsinya atau lumpuh. Padahal, sesuai dengan UU No 43 Tahun 2009 tentang kerasipan bahwa tujuan penyelenggaraan kerasipan meliputi terciptanya arsip, tersedianya arsip yang autentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal, menjamin keselamatan aset nasional dan meningkatkan pelayanan publik dalam pemanfaatan arsip.

Pada kesempatan itu, Gubernur berpesan kepada narasumber atau pemateri untuk memberikan materi dengan baik agar dapat dipahamidan mudah dicerna serta menyamakan presepsi dalam mengelola arsip dan dapat memahami fungsi arsip secara baik.

Sementara bagi peserta Bimtek, Gubernur menjelaskan, hal ini bukanlah merupakan suatu kegiatan rutinitas yang diikuti untuk menjadi kesenangan semata.

Tetapi dapat menjadi pedoman yang terbaik dalam pengelolaan arsip khususnya arsip dilingkungan kerjanya masing-masing. (lam/rm)

LEAVE A REPLY