BIAK – Kerinduan masyarakat di Distrik Numfor, Kabupaten Biak yang terletak di sebuah pulau akhirnya terjawab dengan diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) pada Kamis (18/5/2017) oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH.

Sekedar diketahui, PLTD yang diresmikan itu berkapasitas 470 kwh dan melayani 444 rumah yang tersebar di 49 kampung, 5 distrik di Pulau Numfor.

Masyarakat setempat begitu bersukacita karena akhirnya bisa menikmati listrik selama 24 jam setelah sebelumnya listrik hanya bisa sampai pukul 18.00 WIT.

Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam kunjungan pertamanya ke Pulau Numfor didampingi Ketua DPRP, Yunus Wonda, SH, MH, Bupati Biak Numfor, Thomas AE Ondy, Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak, SH, M.Si.

Kepala Distrik Poiru, Andris Mansbawar, S.Sos mewakili seluruh masyarakat Numfor menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe yang telah meluangkan waktu untuk hadir dan meresmikan penggunaan PLTD Numfor.

“Atas nama seluruh masyarakat Numfor, kami menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe yang telah menjawab kerinduan masyarakat Numfor dengan kehadiran PLTD Numfor. Yang mana telah mampu secara bertahap melayani masyarakat dengan listrik selama 24 jam dan dulunya hanya 12 jam atau sampai pukul 18.00 WIT,”ungkapnya di hadapan Gubernur dan tamu yang hadir serta masyarakat.

Menurutnya, pihaknya berharap secara bertahap bahwa masyarakat Numfor bisa menikmati berbagai program pembangunan.

“Kami mengharapkan kedepan masyarakat Numfor bisa menikmati pelayanan di berbagai bidang pembangunan,”imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor, Thomas AE Ondy menyampaikan bahwa kehadiran PLTD Numfor merupakan bentuk komitmen dari Gubernur Papua, Lukas Enembe yang menjawab aspirasi dari masyarakat Numfor.

“Saya tahun lalu sampaikan ke pak Gubernur bahwa kami di Numfor masih kekurangan listrik sehingga pak Gubernur membantu kita listrik melalui SKPD terkait,”terangnya.
Thomas Ondy mengharapkan kehadiran listrik dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Saya minta kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan listrik dengan baik,”harapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengaku, dirinya langsung merespon permintaan Bupati Thomas Ondy untuk membantu masyarakat Numfor yang belum menikmati pelayanan listrik dengan baik.

“Saya instruksikan kepada Dinas ESDM untuk menganggarkan dana pengadaan diesel untuk Numfor dan hari ini saya resmikan. Ini luar biasa dan langsung ditindaklanjuti. Saya juga minta kepada bupati lainnya agar mengikuti apa yang dilakukan oleh Thomas Ondy,”sebutnya.

Tak hanya itu, Gubernur juga langsung membantu melunasi tunggakan listrik di Numfor sebesar Rp 370 juta dengan memberi uang tunai sebesar Rp 300 juta ditambah bantuan dari Bupati Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak membantu Rp. 100 juta, dengan demikian pelayanan listrik di Numfor bisa dinikmati oleh masyarakat. (ama/rm)

LEAVE A REPLY