JAYAPURA – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM akhirnya buka suara mengenai kegiatannya yang akhir-akhirnya ini gemar membagikan syal kepada siapa saja yang menggunakan noken.

Bahkan menurut Wagub Klemen bahwa pemberian syal sebagai penghargaan bagi mereka yang mengunakan noken.

“Jadi memang bagi siapa saja yang menggunakan noken maka syal ini untuk mensuport dia. Kita kasih noken sebagai bentuk penghargaan karena dia mau pakai noken. Noken ini kan sudah diakui UNESCO sebagai warisan dunia sehingga kita harus menghargai dengan menggunakan noken. Dan ada kesan bagi dia ada yang menghargai dia karena pakai noken,”ungkapnya di Swiss-Bellhotel Jayapura.

Wagub Klemen menjelaskan, pemberian syal ini dengan harapan kedepan setiap orang di Papua baik orang asli Papua maupun masyarakat nusantara di Papua bisa menggunakan noken.

“Kita akan berhenti ketika semua orang sudah mengunakan noken. Ini kan semacam stimulan buat mereka semua untuk menggunakan noken,”sebutnya.

Klemen menuturkan, pemberian syal yang dikenal dengan istilah “syal for noken “ ini diharapkan membuat seluruh orang di Papua dapat mencintai noken yang kini diakui sebagai warisan dunia.

“Kalau orang pakai noken pasti kita kasih, tetapi dengan pemberian syal ini ada juga orang yang minta syal dan noken sehingga ini yang agak keliru. Kemudian saya perlu jelaskan bahwa mereka yang dapat syal adalah yang setia menggunakan noken,”tuturnya.

Syal yang diberikan, kata Klemen, cukup unik karena menggunakan motif Papua miliknya yang telah dipatenkan, sehingga siapapun yang hendak mencontoh motif tersebut bakal dituntut.

“Ada motif Papua yangada di syal ini yang tidak dijumpai di daerah lain, ini juga menjadi poin penting dari pembagian syal ini, sehingga benar-benar kita melestarikan noken dan motif-motif Papua,”katanya.

Wagub Klemen menambahkan bahwa pemberian syal ini tidak hanya diberikan kepada orang asli Papua tetapi kepada non Papua yang menggunakan noken juga diberikan.

“Kalau orang Papua kan sudah pasti dia pakai noken, kalau non Papua kan kalau dia pakai noken kan luar biasa, sehingga ini menjadi penting juga untuk diketahui oleh publik,”tambahnya. (ama/rm)
 

LEAVE A REPLY