JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua hingga kini konsisten untuk mendorong peningkatan pelayanan kesehatan di Papua khususnya di era kepemimpinan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP,MH dan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes ketika ditemui di Kantor Gubernur Papua.

“Kita berkomitmen untuk bagaimana dengan berbagai terobosan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, bahkan berbagai upaya untuk mempercepat komitmen tersebut telah dilakukan seperti peningkatan akreditasi rumah sakit maupun 15 program prioritas kesehatan lainnya,”ungkapnya.

Kata Giay, tujuan pembangun bidang kesehatan di Papua adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua yang ditandai dengan menurunnya tingkat kematian, khususnya kelompok potensial Sumber Daya Manusia (SDM), ibu dan bayi-balita sertamenurunnya tingkat kesakitan penyakit dominan.

“Dalam menghadapi masalah dan tantangan kesehatan di Papua diperlukan percepatan pembangunan kesehatan dimana Dinkes Papua mempunyai terobosan yang memberikan hasil terukur dalam waktu relatif singkat dan langsung dirasakan oleh masyarakat,”katanya.

Ditambahkan, beberapa strategi diantaranya, Kartu Papua Sehat (KPS) dan system rujukan, jaminan 1000 hari pertama kehidupan, layanan kesehatan terbang dan terapung yang lebih akrab disebut pelayanan kaki telanjang yang telah berjalan dengan baik.

”Selain itu ada dukungan pelaksanaan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) bagi manajemen puskesmas, dukungan terhadap sarana dan prasarana minimal di Puskesmas,”pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY