JAYAPURA – Setiap pasien yang akan berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura diharapkan membawa surat rujukan dari rumah sakit rujukan regional maupun puskesmas.

Hal ini dipandang penting bagi pasien khususnya pengguna Kartu Papua Sehat (KPS) maupun BPJS Kesehatan sebab ketika tidak membawa KPS atau BPJS kesehatan, maka tidak bisa dilakukan klaim dan pasien tersebut dianggap pasien swasta dan harus membayar biaya pelayanan.

“Jadi ini penting untuk diketahui oleh pasien, bahwa untuk berobat ke RSUD Jayapura, pasien diharapkan untuk membawa rujukan. Hal ini harus jadi perhatian bagi pasien KPS maupun pasien BPJS kesehatan karena jika tidak membawa rujukan bakal dilayani sebagai pasien swasta,”ungkap Direktur RSUD Jayapura, drg. Josef Rinta, M.Kes.

Dikatakan, sesuai dengan komitmen RSUD Jayapura bahwa untuk melayani pasien-pasien maka RSUD Jayapura sebagai rumah sakit rujukan nasional pada prinsipnya memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien-pasien rujukan.

“Kita selalu proaktif dalam melayani pasien pasien yang menggunakan KPS, oleh sebab itu, kami mengharapkan dukungan dari rumah sakit rujukan regional maupun pemerintah untuk memberi perhatian serius,”katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengharapkan masyarakat perlu untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan dasar seperti puskemas, karena saat ini puskesmas sudah mampu memberikan pelayanan dengan baik, ketika tidak bisa terlayani dengan baik baru bisa dirujukan ke pusat layanan kesehatan selanjutnya yakni rumah sakit rujukan regional.

“Memang kalau semua mau ke RSUD Jayapura, saya pikir ini masyarakat jangan salahkan rumah sakit kalau rumah sakit penuh, karena memang tingkat kunjungan pasien meningkat, oleh sebab itu masyarakat perlu juga memanfaatkan pelayanan kesehatan dasar,”tuturnya.

Dirinya juga meminta kepada pasien rujukan untuk tidak lupa membawa rujukan ketika berobat ke RSUD Jayapura, karena memang rujukan sangat penting untuk mendapatkan pelayanan baik untuk pasien rujukan KPS maupun BPJS Kesehatan. (ama/rm)

LEAVE A REPLY