JAYAPURA – Untuk meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya dari sektor penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor maka Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Papua bersama Polsek Abepura menggelar sweeping untuk menjaring wajib pajak yang belum membayar pajaknya di Otonom Kotaraja, Jumat (28/7/2017).

Dari pantauan dilapangan, saat menggelar razia tersebut baik kendaraan roda dua maupun roda empat banyak yang terjaring. Para petugas langsung menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan, namun disela-sela pemeriksaan tersebut jika ditemukan wajib pajak yang belum membayar pajak kendaraan maka petugas Badan Pendapatan Daerah meminta masyarakat untuk membayar ditempat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Papua, Gerzon Jitmau, SH, MH kepada wartawan disela-sela razia mengaku, bagi pengendara yang diketahui tidak membayar pajak kendaraan diwajibkan langsung membayar.

“Operasi ini akan dilaksanakan secara rutin sebagai upaya meningkatkan pendapatan daerah,”jelasnya.

Dijelaskan, pihaknya bekerjasama dengan kepolisian menggelar operasi terpadu untuk menjaring penunggak pajak kendaraan bermotor akan dilaksanakan secara rutin yang akan dilakukan setiap bulan sebagai upaya meningkatkan pendapatan daerah.

“Razia atau sweping yang kita lakukan ini fokusnya untuk penjaringan kendaraan yang pajaknya sudah mati untuk selanjutnya diproses,”beber Jitmau.

Lebih jauh Jitmau menyebut, kesadaran masyarakat terkait kewajiban membayar pajak. Sebab bagi masyarakat yang mempunyai kendaraan harus tertib hukum dan tertib aturan serta tertib kewajiban dalam menggunakan fasilitas Negara.

“Jadi dalam menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat harus taat sebagai pengemudi baik STNK maupun surat-surat yang berkaitan dengan kendaraan bermotor,”terangnya.

Ia menjelaskan pajak dari rakyat tentunya akan kembali bagi masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan, pada berbagai sektor baik pendidikan, kesehatan maupun infrastruktur.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Papua agar taat pada aturan, agar berbondong-bondong ke Samsat untuk membayar pajak kendaraan. Sebab kunci pajak merupakan salah satu modal pembangunan kita, jadi masyarakat wajib pajak,” terangnya.

Ditambahkannya, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak memang perlu ditingkatkan dengan berbagai cara salah satu cara dengan melakukan sweeping gabungan. (ing/rm).

LEAVE A REPLY