JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH menegaskan bahwa pihaknya memberi perhatian terhadap anak-anak asli Papua yang mengenyam pendidikan di luar negeri maupun yang sudah menyelesaikan pendidikan diluar negeri.

Hal ini ditegaskan Gubernur Lukas Enembe di disela-sela penyerahan siswa Asli Papua kepada Sekolah Tinggi Teknik PLN Jakarta Tahun Akademik 2017-2018 di Gedung Negara Jayapura, Jumat (18/8/2017).

“Anak-anak ini telah membuktikan bahwa mereka bisa bersaing dengan anak-anak lain di dunia bahkan ada yang lulus dari Amerika, Eropa bahkan China. Ini membuktikan bahwa kita mampu untuk membangun daerah kita masing-masing,”ungkapnya.

Menurut Gubernur Lukas Enembe bahwa kemampuan anak-anak Papua terutama lulusan luar negeri ini mampu berbicara banyak di kancah internasional sehingga tidak diragukan kemampuannya.

Dirinya juga memuji beberapa anak-anak Papua yang mampu meraih gelar doktor seperti Yane Ansanay yang kini menjadi dosen di Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih yang berhasil menyelesaikan pendidikan di Nort Carolina State University.

“Anak-anak ini mereka luar biasa, saya minta untuk kembali dan mengabdi di Papua seperti yang diperlihatkan oleh Yane Ansanay yang kini mengabdi di Uncen,”bebernya.

Sementara itu, Plt. Kepala Biro Otsus Setda Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen, SP, M.Eng menyebutkan bahwa hingga kini tercatat 245 anak mahasiswa/i unggul Papua program beasiswa pendidikan luar/dalam negeri.

Pada kesempatan yang sama, Alumni North Carolina State University, Yane Ansanay Ph.D menyebutkan bahwa dirinya akhirnya menyelesaikan pendidikan doktoral untuk bidang Fisika di North Carolina State University pada akhir 2015 yang lalu.

Dimana, selama menekuni pendidikan S3, Yane banyak meluangkan waktunya di Laboratorium Biological and Agricultural Engineering Department, North Carolina State University.

“Jika ada kemauan pasti adalah jalan, saya setelah selesai memutuskan untuk pulang ke Papua dan mengabdi disini, padahal saya mendapatkan tawaran untuk bekerja disana,”pungkasnya. (Ama/rm)

LEAVE A REPLY