JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terus berkomitmen untuk melestarikan potensi budaya Papua.

Hal ini ditegaskan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang diwakilkan Sekretaris Dinas Kebudayaan Provinsi Papua, Yahya Modouw ketika menutup secara resmi Pesta Budaya Papua ke XV di Taman Budaya Expo Waena.

“Event ini digelar sebagai upaya untuk menggali, membina, mengembangkan dan melestarikan potensi budaya Papua, juga sebagai ajang promosi yang apabila dikemas dan ditata secara profesional maka akan menjadi daya tarik bagi wisatawan,”ungkapnya.

Yahya menjelaskan bahwa pengembangan potensi budaya tidak mengabaikan aspek perlindungan bagi nilai-nilai budaya Papua, agar tidak terjadi pengrusakan terhadap nilai-nilai hakiki yang terkandung didalamnya sebagai akibat dari perkembangan dunia yang menglobal.

“Pesta budaya adalah sebuah event yang tepat guna mempertemukan masyarakt dalam suatu acara duduk bersama-sama, menggumuli berbagai hal terkait seluruh kehidupan masayarakat Papua dalam tatanan adat,”bebernya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Frits Tanati, S.Sos menyebutkan bahwa kegiatan pesta budaya ini mengusung tema kekayaan bangsa dan sub tema melalui pesta budaya ke XV tahun 2017, kita memperkokoh keberagaman bangsa Indonesia.

“Kegiatan kali ini cukup menarik minat penonton kita berharap kedepan, lebih meningkat lagi,”pungkasnya. (Ama/rm)

LEAVE A REPLY