JAYAPURA – Menu pangan lokal menjadi primadona dalam pelaksanaan lomba Cipta Menu yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua di Aula Dinas Otonom, Kotaraja, Kamis (7/9/2017). Beberapa menu yang disajikan seperti sandwich rusa maupun lontong ubi, es krim buah naga, jus buah naga hingga aneka ragam pangan olahan lainnya mampu menarik minat pengunjung.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Provinsi Papua, Drs. Elia I Loupatty, MM mengungkapkan bahwa lomba cipta menu dengan bahan dasar pangan lokal ini sudah saatnya masyarakat menggunakan pangan lokal sebagai kebutuhan makanan sehari-hari.

“Saya mau bilang bahwa memang untuk pangan lokal ini semakin beragam, dimana keankeragamaan ini harus dirasakan sebagai peluang untuk meningkatkan ketersediaan pangan,”ungkapnya saat membuka kegiatan lomba.

Dikatakan, keanegaraman pangan ini juga tidak mesti harus memanfaatkan perkebunan luas, dengan menfaatkan pekarangan rumah pun bisa menanam pangan lokal yang menjadi kebutuhan dasar.

“Dalam artian begini, di pekarangan ini kita bisa tanam daun sere, rica maupun bahan pangan lainnya, ini penting bagaimana kita memaksimalkan pekarangan sekaligus meningkatkan pangan lokal,”katanya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan yang telah mengelar Lomba Cipta Menu Beragam Beragam, Bergizi dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Provinsi Papua tahun 2017.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua, Ir. Robert Edi Purwoko menyebutkan bahwa kegiatan ini rutin digelar oleh pihaknya dimana memberi ruang kepada ibu-ibu terutama yang tergabung dalam PKK untuk bagaimana meningkatkan kreativitas dalam mengelola pangan lokal yang tersedia di sekitar rumah.

“Seperti yang disampaikan pak asisten bahwa ketersediaan dari pangan lokal ini bisa memenuhi kebutuhan makanan bagi keluarga sehingga kita bisa mewujudkan generasi emas Papua dari hal-hal yang sangat mendasar seperti pangan lokal,”pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY