JAYAPURA – Guna memenuhi ketersedian pangan pada perhelatan ivent olahraga nasional empat tahunan yakni PON XX yang akan diselenggarakan di Papua tahun 2020 mendatang maka Badan Ketanan Pangan Provinsi Provinsi Papua akan melakukan pembinaan terhadap petani pada lima kabupaten yang cluster penyelenggaraan PON.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Papua, Robert Edy Purwoko kepada wartawan di sela sela kegiatan Rapat Dewan Ketahanan Pangan mengungkapkan, pembinaan teradap petani khususnya kelompok tani perempuan dianggap penting mengingat waktu tinggal dua tahun pelaksanaan PON di Papua.

“Olahan pangan lokal untuk PON 2020 memang harus dipersiapkan mulai dari sekarang mengingat waktu pelaksanaan yang tinggal dua tahun lagi,” jelasnya.

Dijelaskannya, kelompok pada tani pada lima kabupaten akan dibina mulau dari sekarang.

“Kita akan upayakan mulai dari sekarang untuk melakukan pembinaan terhadap petani terutama kelompok wanita, bagaimana mempersiapkan olahan pangan lokal,” katanya.

Dengan harapan pada saat penyelenggaraan PON berlangsung, kebutuhan pangan para atlet dan para tamu yang datang dari berbagai Provinsi bisa terpenuhi.

“Bahan pangan lokal yang disiapkan untuk para atlet dan tamu seperti misalnya tomat. Ini kan bisa dibuat sebagai jus, juga saos, dan manisan. Ada juga ubi jalar, keladi, buah merah dan lainnya yang tentunya mengandung gizi yang tinggi dan sangat baik untuk para atlet,” katanya lagi.

Edy berharap upaya yang dilakukan pihaknya kedepan bisa membantu para petani didalam meningkatkan kesejahteraan mereka. Selain itu juga dapat meminimalisir pembelian bahan pangan untuk PON dari luar Papua. Sementara itu terkait kegiatan Rapat Dewan Ketahanan Pangan, Edy mengaku kegiatan seperti ini sempat vakum selama dua tahun.

“Jadi memang Rapat Dewan Ketahanan Pangan yang dihadiri oleh seluruh Kabupaten dan Kota, ini sempat mengalami kevakuman selama dua tahun. Padahal harusnya tiap tahun diselenggarakan, ini kita mulai aktifkan lagi, karena banyak agenda yang perlu dibicarakan terkait pengentasan kerawanan dan juga untuk persiapan PON 2020,” tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY