JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua yakin pembangunan stadion utama Papua Bangkit PON 2020 di Kampung Harapan, Sentani-Kabupaten Jayapura, selesai tepat waktu. Hal ini disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe usai melakukan pengecekan kesiapan pembangunan infrastruktur stadion, Senin (2/10/2017).

Menurut Gubernur, progres pembangunan stadion utama hingga saat ini sudah mencapai 19 persen, itu artinya surplus 8 persen.“Sampai dengan bulan ini, realisasi progres pembangunan mencapai 19 persen, lebih cepat 8 persen dari target awal,”ujar Gubernur.

Gubernur optimis stadion ini akan selesai dibangun akhir tahun 2018 mendatang. Terkait dengan Inpres PON XX Tahun 2020, kata Gubernur, dalam waktu dekat sudah keluar. “Ini sejarah, sejak PON pertama kali diselenggarakan tahun 1948, baru PON di Papua dilaksanakan dengan Inpres,”katanya.

Inpres ini, lanjutnya, akan membiayai lima venue, yakni venue Aquatik, lapangan hockey Indoor, Pembangunan Istora Papua Bangkit, Venue Cricket dan venue Velodrome. Dikatakan, stadion Papua Bangkit akan menjadi simbol kebangkitan Papua. Dimana, olahraga dan seni budaya adalah harga diri orang Papua.

Oleh karena itu, Gubernur minta kepada anak-anak Papua untuk mempersiapkan diri menjadi atlet dan melampiaskannya di arena pertandingan. “Silahkan lampiaskan diatas arena pertandingan, tunjukkan prestasi terbaikmu,”ucapnya.

Gubernur menambahkan, menjadi tuan rumah bukan berarti menjadi juara, tetapi PON Papua bisa melahirkan atlet terbaik Nasional yang bias harumkan nama Indonesia di tingkat Asia maupun dunia.

“Kita harap PON dapat melahirkan atlet-atlet terbaik Indonesia, dan saya harap anak-anak Papua bisa ukir sejarah bagi Indonesia di tingkat Asia dan dunia,”harapnya.(lam/jg)

LEAVE A REPLY