JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua telah menjadwalkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tolikara dan Kabupaten Kepulauan Yapen hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2017. Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen mengatakan, proses pelantikan akan dilaksanakan pada Senin (16/10) mendatang, di Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Sekda mengatakan, pelantikan yang akan dilaksanakan merupakan perintah konstitusi yang harus dijalankan. “Ya, jadi, ada keputusan Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden tentang penetapan bupati terpilih berdasarkan satu proses hukum yang sudah sah,”kata Sekda kepada wartawan di Jayapura, Kamis (12/10).

Terkiat dengan aksi puluhan orang pendukung salah satu calon Bupati Kabupaten Tolikara, di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Rabu (11/10), kata Sekda, tidak ada korelasinya. “Kita akan tetap lantik bersadarkan surat keputusan Presiden. Untuk itu, pihaknya meminta seluruh masyarakat untuk bersatu kembali membangun Kabupaten ke arah yang lebih baik lagi,”tuturnya.

Diketahui, puluhan orang pendukung salah satu calon Bupati Kabupaten Tolikara melakukan penyerangan kantor Kemendagri Rabu sekitar pukul 15.00 WIB. Puluhan orang dari Papua itu menyerang hingga menyebabkan sejumlah kerusakan di kantor Kemendagri. Para penyerang mengatasnamakan dirinya sebagai Barisan Merah Putih Tolikara.

Mereka adalah pendukung Calon Bupati Tolikara John Tabo-Barnabas Weya di Pilkada 2017. Hasil pilkada 2017, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tolikara, Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo. Sedangkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Kepulauan Yapen adalah Tonny Tesar -Frans Sanadi.(lam/jg)

LEAVE A REPLY