JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH dipastikan bakal melepas tim pelayanan kesehatan dari Kementerian Kesehatan maupun Dinas Kesehatan Provinsi Papua di Korowai pada Senin (23/10/2017). Tim Kesehatan ini bakal melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Korowai  dan melakukan pendataan hal-hal yang mendukung pelayanan kesehatan lainnya.

“Tim akan berangkat ke Korowai, yang mana tim akan melakukan pelayanan kesehatan selama seminggu, dimana kita akan melakukan pendataan penyakit yang diderita oleh masyarakat,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua,drg. Aloysius Giyai,M.Kes, ketika ditemui di Kantor Gubernur Papua, Kamis (19/10/2017).

Selain itu, tim juga bakal melakukan pendataan lainnya seperti akses air bersih, perumahan sehat, gizi dan lainnya.“Bapak gubernur direncanakan akan datang langsung ke Korowai untuk melepas secara langsung tim kesehatan ini. Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan dan pihak Kemenkes,”bebernya.

Kegiatan ini, lanjut mantan Direktur RSUD Abepura, merupakan wujud perhatian Pemprov Papua melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua, mengingat selama ini sering terjadi “lempar tangungjawab” antar pemerintah daerah setempat.

“Kami sebenarnya ingin mendapat penjelasan sebenarnya pemerintah daerah mana yang mempunyai wilayah di Korowai, kita minta jangan lempar tangungjawab, tetapi kita juga bisa tangani, padahal ini menjadi tanggungjawab dari beberapa kabupaten,”lanjutnya.

Tak hanya itu, mulai tahun 2018, pihaknya bakal memfokuskan pelayanan kesehatan terbang, memang pihaknya selama ini telah mengalakkan pelayanan kaki telanjang.”Pelayanan kaki telanjang sudah jalan, tetapi kami merasa masih sedikit, jadi perlu untuk penambahan.(ama/jg)

LEAVE A REPLY