JAYAPURA-Sekitar 800 perguruan tinggi dengan 1.500 program studi akan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Rakornas Aptikom) seluruh Indonesia yang akan diselenggarakan dari tanggal 1-4 November 2017 mendatang di Jayapura, Provinsi Papua.

Hal ini diungkapkan, Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP.MH, usai meneriama Ketua Aptikom Wilayah Papua Siti Nur Alam bersama rombongan di Gedung Negara, Jumat (20/10/2017) kemarin.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Aptikom di Bumi Cenderawasih, yang nantinya bakal dihadiri sebanyak 19 negara untuk membahas permasalahan informatika yang mengemuka selama ini.

“Sebab pelaksanaan PON kali ini merupakan torehan sejarah bagi tanah ini. Sehingga siapa pun yang ada di tanah ini saya imbau ikut mendoakan, mendukung, mensosialisasikan serta mensukseskan PON,”tandasnya.

Gubernur berharap dalam Rakornas Aptikom itu, semua pihak yang terlibat dapat ikut berpartisipasi mendukung PON Tahun 2020 mendatang.

Senada dengan itu, Ketua Aptikom Wilayah Papua Siti Nur Alam mengatakan, kedatangan dirinya untuk melaporkan kesiapan pelaksanaan Rakornas kepada Gubernur. “Sebab nanti akan ada juga seminar nasional yang dihadiri 600 peserta dan akan dihadiri 19 negara dalam Rakornas ini, untuk mempresentasikan hasil risetnya mengenai informatika dan komputer kepada seluruh peserta yang hadir,”terang dia.

Dia mengatakan, poin utama yang akan dibahas dalam kegiatan Rakornas, diantaranya membicarakan masalah koordinasi peningkatan akademik antara seluruh asosiasi perguruan tinggi, baik dibidang seperti Sumber Daya Manusia (SDM) maupun lainnya.

Dilain pihak, seluruh anggota Aptikom akan bersinergi untuk ikut bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Papua, mensosialisasikan pelaksanaan dan ikut mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020.

“Sebab kegiatan Rakornas Aptikom ini juga mendapat dukungan sepenuhnya dari bapak Gubernur. Oleh karena itu, sudah patut bagi kami anggota Aptikom Papua untuk nanti menyerukan dalam rapat, membahas serta mensukseskan iven empat tahunan itu di provinsi ini,”terangnya.(ing/jg)

 

LEAVE A REPLY