JAYAPURA-Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Papua diharapkan fokus untuk meningkatkan penyerapan anggaran mengingat  tahun 2017 menyisakan dua bulan lagi.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa,SH mengungkapkan bahwa OPD harus konsisten untuk meningkatkan penyerapan anggaran sesuai dengan penekanan Gubernur Papua, beberapa waktu lalu yang mengharapkan OPD konsen pada program dan kegiatan di APBD Induk 2017.

“Penyerapan anggaran kita berada pada 47 persen, sehingga kita harus fokus untuk meningkatkan penyerapan anggaran, kita harus konsisten, agar bisa mencapai target pada bulan Desember,”ungkapnya di halaman Kantor Gubernur Papua, Senin (23/10/2017.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH, mengharapkan kepada pimpinan OPD untuk konsisten dalam melaksanakan melaksanakan program dan kegiatan APBD tahun 2017.”Jadi saya minta kepada pimpinan OPD untuk melaporkan masing-masing kegiatan di OPD yang sudah berjalan, dan apa yang menjadi kendala-kendala sehingga kita mencari jalan keluar, karena penyerapan anggaran masih minim,”ungkapnya.

Menurut Gubernur, dalam pertemuan tersebut pihaknya mendengar penjelasan dari hasil program dan kegiatan, dimana hingga kini penyerapan anggaran baru 47 persen, mudah-mudahan dalam 2 bulan efektif ini kita bisa mencapai 70 persen.

“Minim penyerapan ini disebabkan oleh proses tender dan lelang yang lama dikarenakan oleh beberapa OPD baru yang baru dilantik, dimana harus ada peraturan daerah yang mengakomodir itu,”imbuhnya.

Lanjut Gubernur, saat ini seluruh proses tender dan lelang, harus melalui Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Papua.“Jadi memang untuk lelang dan tender ini melalui ULP (Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa,red), dan pokja-pokja  di ULP ini bekerja secara independen, dan untuk memaksimalkan kerja program, mulai tahun depan untuk masing-masing Pokja akan diisi oleh masing-masing staf dari setiap OPD, sehingga orang yang kita taruh disitu, itu memahami proses kerja pelelangan,”lanjutnya.(ama/jg)

LEAVE A REPLY