JAYAPURA-Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan dilaksanakan di Papua tahun 2020 mendatang, Pemerintah Provinsi Papua terus melakukan berbagai persiapan. Untuk pelaksanaan PON, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Papua mulai melakukan penataan maupun menyiapkan sarana infrastruktur jalan ke lokasi venue.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Papua, Djuli Mambaya kepada wartawan di Jayapura, Senin (23/10/2017), menjelaskan jalan menuju lokasi venue sudah mulai di bangun tahun ini. Dimana, jalan masuk ke venue Padepokan Voli di daerah skyline, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura sudah mulai dibangun.

“Untuk venue Padepokan Voli jalannya sudah dibangun, agar Dinas Olahraga dan Pemuda bisa langsung masuk dengan pekerjaan venue,” ungkap Djuli Mambaya.

Selain itu, Dinas PU juga sudah mulai melakukan Detailed Engineering Design (DED) atau Perencanaan Teknis Terinci air bersih di stadion utama Papua Bangkit di Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura. Dengan dukungan pembangunan infraskruktur dari Dinas PU ini diharapkan dapat  mendukung serta suksesnya pelaksanaan PON di Papua tahun 2020.

“Jalan menjadi salah satu infrastruktur yang penting untuk mendukung pekerjaan venue, bukan saja di Kota dan Kabupaten Jayapura, wilayah peyelenggaran PON di Kabupaten Mimika, Merauke, Biak dan Wamena juga kita akan bangun bangun tahun depan,”ujarnya.

Terkait dengan jalan menyangga ke stadion, katanya lagi,  Dinas PU akan melibatkan pengusaha-pengusaha Golongan Ekonomi Lemah (GEL).  Apalagi, tahun 2018 ada anggaran untuk pengusaha GEL, kita bisa arahkan untuk pembangunan jalan masuk ke venue PON.

Oleh karena itu, Djuli berharap semua pihak agar mendukung pembangunan fasilitas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di  Papua.“Ini sejarah, pesta olahraga nasional empat tahunan di Papua, ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. semua pihak saling mendukung  proses pembangunan yang dibangun oleh pemerintah,”harapnya.(lam/jg)

 

LEAVE A REPLY