JAYAPURA–Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa,SH kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua untuk tidak mengonsumsi miras atau mabuk-mabuk baik pada jam kerja maupun di luar jam kerja.

“Jadi memang saya masih dapat informasi bahwa ada ASN yang tiap hari masih mabuk-mabuk, ini sebenarnya mau jadi apa. Padahal bapak gubernur sudah tegaskan bahwa miras dilarang dan juga kita sudah buat kesepakatan untuk tidak ada lagi ASN yang minum mabuk,”ungkapnya ketika ditemui di Kantor Gubernur Papua,Selasa (24/10/2017).

Doren menyebutkan meskipun banyak desakan agar pihaknya tidak melakukan pelarangan miras, tetapi pihaknya konsisten untuk memberantas miras. “Ini sudah komitmen, biar badai turun, kita tetap laksanakan untuk memberantas miras di Papua, sebagai komitmen untuk menyelamatkan generasi muda Papua,”tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH mengatakan bahwa penandatanganan pakta integritas miras oleh ASN untuk memberikan contoh kepada masyarakat luas.

“Kita yang memulai pakta integritras dan kita sebagai ASN wajib tidak mengkonsumsi miras dengan tujuan untuk membuat semua orang taat pada Perda itu,” tegasnya.

Dijelaskannya, untuk memberantas peredaran Miras di Bumi Cenderawasih, Pemprov Papua akan menurunkan tim gabungan untuk melakukan operasi Miras.

“Sebab walaupun kita sudah buat perda tetapi Miras semakin marak. Kepada pengusaha Miras yang masih berani menjual Miras kita akan berhentikan dan kalau bisa tidak boleh ada di Papua, kios kita akan tutup,”jelasnya.

Dalam pemberantasan Miras tersebut, Pemprov akan melibatkan tokoh agama dan masyarakat untuk operasi Miras hal ini sebagai langkah untuk memberantas miras di Papua.

Sementara bagi ASN di Lingkup Pemprov yang ketahuan mengkonsumsi Miras dan masih bandel atau masih mengulang akan diberikan teguran sesuai dengan peratutan perundang-undangan yang berlaku.

“ASN Harus menyatakan sikap untuk tidak minum Miras Lagi, karena kita yang buat aturan jadi kita harus memberi contoh kepada masyarakat. saya harap kepada ASN tidak miras lagi,”katanya.(ama/jg)

LEAVE A REPLY