JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Dataran Tinggi Barat atau Western Highlands Provincial, Papua New Guinea menegaskan bahwa Kagamuga Airport (Bandara Kagamuga) siap untuk melayani rute Mount Hagen, Western Highland Province – Bandara Sentani, Jayapura-Papua.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Western Highland Provincial yang diwakili oleh antara Western Highland Provincial Administratur, Mr.Josep Neng dengan Pemprov Papua yang diwakili oleh Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Setda Papua, Suzanna Wanggai,S.Pd,M.Soc didampingi salah seorang staf Kedubes RI untuk PNG di Mount Agent, pekan kemarin.

“Jadi Pemprov Papua melalui Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Western Highlands Provincial yang beribukota di Mount Hagen, kerjasama ini penting karena topografi dan karakteristik daerah ini yang sama dengan daerah pegunungan di Provinsi Papua,”ungkap Kepala BPKLN Setda Provinsi Papua, Suzanna Wanggai, SPd,Msoc di Jayapura, Selasa (31/10/2017).

Kerjasama ini, lanjut Suzanna, lebih kepada komitmen dari Western Highlands Provincial untuk membuka penerbangan internasional dari Mount Hagen ke Sentani yang mana kesiapan sudah sangat siap, bahkan rencananya penerbangan dari Mount Hagen-Sentani ini akan menggunakan pesawat PNG Air.

“Komitmen ini kan sudah dari tahun 2015 dan ini merupakan komitmen dari Pemprov Papua dalam membuka konektivitas antar kedua provinsi ini,karena ketika berbicarasoal kerjasama ekonomi maka sangat bergantung pada konektivitas,”lanjutnya.

Dari sisi kesiapan, Suzanna menegaskan bahwa keberadaan Kagamuga Airport sudah sangat siap, karena dilengkapi juga dengan fasilitas yang memadai seperti pelayanan imigrasi, karantina hingga custom.”Kita berharap ijin dari pemerintah pusat dalam hal ini kementerian terkait bisa cepat diterima, sehingga proses kerjasama ini bisa berjalan, dan ini mendapat tanggapan yang baik dari Western Highland Provincial Administratur, Mr Josep Neng,”tegasnya. (ama/jg)

LEAVE A REPLY