JAYAPURA-Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON) XX Papua dalam waktu dekat akan menindaklanjuti pertemuan dengan meskapai penerbangan yang melayani rute Papua untuk mendukung pelaksanaan PON di Bumi Cenderawasih. Dukungan dari meskapai penerbangan nasional itu bakal diwujudkan dengan diterbitkannya tiket berlogo PON XX.

Ketua PB PON XX Papua, DR. Yunus Wonda,SH,MH dalam keterangannya di Kantor KONI Papua Kompleks GOR Cenderawasih Jayapura, Selasa (31/10/2017) mengatakan bahwa pihaknya telah bertemu dengan pimpinan meskapai penerbangan dan disepakati bersama untuk mendukung penyelenggaraan PON di Papua.

“Kita sudah sepakat, semua pesawat yang masuk ke Papua dalam setiap tiket pesawat ditulis logo PON XX Tahun 2020. Saya sudah bicara dengan pihak penerbangan di Papua dan kita sudah sepakat semua tiket pesawat dimuat tulisan PON XX tahun 2020 sebagai bentuk sosialisasi PON kepada masyarakat di Indonesia,”tukasnya

Selain bertemu pimpinan meskapai, kata Yunus Wonda, pihaknya juga telah menjadwalkan untuk menggelar pertemuan dengan pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk membicarakan dukungan tekhnis pada iven olahraga empat tahunan tersebut.

“Sedangkan untuk dukungan akomodasi dan kebutuhan makan para atlet yang akan berlaga di PON Papua serta seluruh pesertanya, kita akan bertemu dengan pimpinan hotel dan restoran serta pihak-pihak swasta yang ada di Papua untuk membahas masalah ini,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Yunus Wonda juga mengatakan untuk mensukseskan penyelenggaraan PON XX, PB PON akan berkoordinasi dengan KONI Papua untuk menyiapkan seluruh kebutuhan tekhnis PON.

“PB PON dan KONI Papua akan bekerjasama bersama seluruh BUMN,BUMD, dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk menyukseskan penyelenggaran PON di Tanah Papua,”ungkap Ketua DPR Papua itu.

Sebelumnya, Ketua PHRI Papua memperkirakan kebutuhan akomodasi untuk menampung tamu, atlet, hingga kontingen pada PON XX tahun 2020 mencapai 6.000 kamar hotel. “Diprediksi butuh 6.000 kamar untuk penyelenggaraan PON 2020, dan kini masih diupayakan untuk memenuhinya,” ujar Ketua P (PHRI) Provinsi Papua, Sahril Hasan di Jayapura.(al/jg)

LEAVE A REPLY