Nicolaus: Kabupaten/Kota Segera Kasih Rincian Formasi kepada Kami

JAYAPURA-Sampai saat ini penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang tertunda pada tahun 2014 belum ada kepastian jadwal pelaksanaannya, hal ini disebabkan masih ada kabupaten yang belum mengajukan berkas formasi CPNS kepada provinsi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Papua, Nicolas Wenda mengatakan perbaikan usulan kebutuhan pengajuan kuota, telah disampaikan ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Jakarta.

“Kabupaten/kota segera kasih rincianformasi  ke kami, misalnya bidang pendidikan maupun kesehatan itu kebutuhannya berapa banyak,” kata Wenda.

Disamping itu, dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan tawaran sejumlah pihak maupun calo yang menjanjikan kelulusan.”Untuk diterima sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), masyarakat wajib mengikuti seluruh tahapan, persyaratan maupun prosedur yang berlaku,”ucapnya.

“Sementara untuk urusan kelulusan akan ditentukan oleh panitia pelaksanaan yang nantinya dikoordinir oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua melalui BKD,”sambungnya.

Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri mengatakan penerimaan CPNS kali ini merupakan formasi 2014, yang mana baru akan dilakukan Papua karena belum semua kabupaten/kota menyerahkan berkas.

“Provinsi lain sudah melakukan ini lebih dulu, Papua baru akan lakukan tahun ini. Untuk itu, kami minta kabupaten/kota segera menyiapkan berkas-berkas,” kata Auri.

Ia tekankan, Otonomi Khusus (Otsus) bagi Papua tidak lama lagi akan berakhir, tidak tahu apakah akan dilanjutkan atau tidak. Untuk itu, pemerintah kabupaten, kota dan provinsi harus bisa bersama-sama melakukan sesuatu yang berguna bagi daerah dan masyarakat Papua.

“Silahkan dibicarakan baik-baik, sehingga bisa diketahui berapa kebutuhan pegawai di masing-masing daerah,” ujarnya.(ing/jg)

LEAVE A REPLY