JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua mengingatkan kabupaten/kota agar melakukan pembinaan terhadap kepala bagian Humas, protokol dan umum untuk mendukung kelancaran pelayanan pimpinan daerah.

Hal ini diungkapkan Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri,SE.MM, dalam sambutannya pada rapat koordinasi daerah protokol se-Papua di Sasana Krida kantor gubernur, Senin (6/11/2017) kemarin.

“Saya ingatkan kepada saudara-saudara bahwa rapat koordinasi ini memiliki nilai yang sangat urgen dan startegis dalam menata tata cara protokol,”jelasnya.

Oleh sebab itu, ujar Elysa Auri dalam rapat ini perlu ada koordinasi ke Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua tiap triulan untuk mengetahui perkembangan protokol di daerah masing-masing.

“Hendaknya kabag/kasubag protokol mempedomani undang-undang nomor 9 tentang protokol terkait dengan tata tempat, tata upacara, tata kehormatan,”katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Elysa Auri berharap perlu dilakukan bimbingan teknis/pelatihan kepada aparatur pemerintah. Ini untuk mewujudkan aparat pengelola yang efektif dalam iklim yang kompak, tertib dan berbibawa dalam suatu kondisi yang tentram untuk mencapai keberhasilan dalam melaksanakan tugas.

“Protokol sebagai manusia mutifungi, sebagai perencana, pemandu, peloby, manager, pekerjaan umum dan sebabagai pelayanan,”tandasnya.

Ia berharap dengan adanya rapat koordinasi ini dapat memerikan suatu masukan kepada semua pihak, saling mengenal satu dengan lain. Dalam melaksanakan tugas masing-masing baik itu di kota maupun di kabupaten.

“Sehingga dapat memberikan pemahaman kepada kita sama-sama, sebab jabatan seorang protokol selalu mengikuti perubahan-perubahan perkembangan zaman tetapi juga dengan situasi politik yang diikuti dengan perubahan politik yang ada di kabupaten/kota,” terangnya. (ing/jg)

LEAVE A REPLY