JAYAPURA-Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan nelayan dalam melakukan perawatan mesin kapal penangkap ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua memberi pelatihan bagi nelayan, Selasa (14/11/2017).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua FX. Mote mengatakan, pelatihan yang digelar bertujuan agar para nelayan dapat menguasai teknologi terus berkembang diantara sesama nelayan. Selain itu, mampu mengurangi biaya ditimbulkan dari perawatan maupun kerusakan mesin perikanan yang dimiliki para nelayan.

“Sehingga nelayan berani melaut lebih jauh karena mereka sebenarnya sudah dilindungi oleh asuransi dari pemerintah. Hal ini pun sebagai bentuk perhatian pemerintah, baik dalam peningkatan pengetahuan, perlindungan dan layanan lain,”terang Mote.

Menurut dia, pada pelatihan ini terdapat beberapa materi yang diharapkan dapat berguna bagi para nelayan saat melaut maupun docking. Dimana materi dan pelatihan ini pula terdiri dari manajemen perawatan maupun manajemen perbaikan dari mesin kapal perikanan.

Mote menambahkan melalui pelatihan ini nelayan diharapkan bisa mengoperasikan mesin, menjamin kesiapan peralatan kerja serta kesiapan alat bila diperlukan saat melaut.
“Sebab jika manajemen perawatan dan perbaikan telah dikuasai maka biaya yang menjadi pengeluaran dapat dikurangi. Sehingga mampu meningkatkan keuntungan maupun keselamatan kerja di laut,” katanya.

Mantan Karo Humas Papua ini berharap, para nelayan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan dengan baik, sebab diyakini mampu membuka kesempatan untuk memberi penghasilan tambahan bagi mereka.(lam/jg)

LEAVE A REPLY