JAYAPURA – Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda, S.Pd, M.Pd mengaku, dibutuhkan terobosan program kerja untuk memaksimalkan peningkatan bidang pendidikan di Korowai.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, kami ingin melakukan pembahasan dengan kabupaten terdekat, agar kebijakan yang diambil tepat pada sasaran,” ungkapnya.

Elias Wonda menilai bahwa pentingnya melibatkan pemerintah kabupaten terdekat dalam membahas pendidikan di Koroway, sebab mereka lebih paham dan mengerti wilayah tersebut.

“Mereka lebih paham dan tahu dengan kebutuhan masyarakat setempat. Makanya, kita akan segera bicara dengan pemerintah kabupaten terdekat di Korowai, supaya keputusan dan program yang diturunkan itu tidak mubazir,” terangnya.

Ia berharap dengan adanya pembahasan dengan lima kabupaten tersebut dapat mengangkat kualitas dan meningkatan sektor pendidikan masyarakat yang mendiami suku Korowai.

“Saya sudah mengunjungi dan melihat langsung kondisi di Korowai, saya melihat untuk meningkatkan bidang di daerah tersebut memang membutuh proses dan waktu yang tak sedikit,” ucapnya.

Ia harapan pada masa mendatang dapat melahirkan banyak pemimpin dari Korowai, untuk selanjutnya membangun di wilayahnya sendiri. Sementara ditanya dukungan pemerintah provinsi terhadap masyarakat Korowai, lebih khusus pada bidang pendidian, dia katakan, baru-baru ini sudah mengirim enam guru kontrak untuk mengabdi di wilayah itu.

Tak ketinggalan memberikan buku dan alat tulis bagi para siswa di Korowai, dengan harapan mampu meningkatkan minat belajar mereka.

“Tentu bantuan tersebut tak akan berhenti sampai disini. Kita harap kedepan akan lebih banyak lagi program yang diturunkan, sebab Gubernur sangat berkomitmen kuat dan telah memerintahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk membangun wilayah tersebut,” terangnya.

Dirinya berharap kepada pemerintah kabupaten terdekat untuk lebih mengarahkan perhatian kepada masyarakat suku Korowai. Sebab mereka sangat memerlukan sentuhan pembangunan sesegera mungkin. (ing/rm)

LEAVE A REPLY