NABIRE – Presiden Joko Widodo menegaskan, pengembangan tol laut di Papua bakal digenjot. Salah satunya adalah pembangunan pelabuhan Kargo Samabusa, Nabire dimana kehadiran pelabuhan ini diharapkan tidak hanya melayani penumpang tetapi juga melayani kargo, sehingga memperpendek pelayanan kepada masyarakat.

“Kedepan ini, harus betul-betul menjadi pelabuhan bagi 6 kabupaten di sekitar Nabire. Saya kira kalau dikerjakan semua akan bertumbuh pada kabupaten Nabire,” tegasnya.

Jokowi mengakui bahwa masih banyak hal yang harus dikerjakan, tetapi pihaknya yakin satu per satu bakal diselesaikan.

“Kalau sudah bisa berjalan bersama, itu artinya secara bisnis bisa menarik investor ke Nabire, kita akan usaha dari pihak swasta, untuk membawa produk dari sini keluar, kalau tidak bisa maka tidak untung, bisnis itu kan terbuka,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH mengungkapkan bahwa pembangunan pelabuhan Samabusa penting untuk mendukung program tol laut dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Kita harapkan memang dengan keberadaan pelabuhan ini dapat mendukung program tol laut, sehingga mampu mengangkut kebutuhan logistik ke Papua tetapi kita juga harus bisa menyediakan bahan untuk diangkut ke luar Papua,” pungkas Gubernur Enembe. (ama/rm)

LEAVE A REPLY