JAYAPURA – Salah seorang anggota DPR Papua, Decky Nawipa menilai penggunaan bahasa daerah untuk kepentingan seleksi kepada Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Papua yang akan maju Pilkada Gubernur 2018-2023 dinilai sangat penting.

Menurutnya, tes bahasa daerah terhadap pasangan calon oleh Majelis Rakyat Papua (MRP) merupakan ajang untuk membuktikan jati diri bagi para bakal calon, sebagai orang asli Papua yang sesungguhnya.

“Memang seharusnya begitu, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua dites menggunakan bahasa daerahnya atau bahasa ibu. Ya, tidak apa-apa sih tapi itu lebih bagus lagi, karena mereka yang maju ini adalah anak daerah asli Papua. Daripada mengaku anak daerah tapi tidak tahu bahasa ibunya sendiri,” ungkapnya.

Bahkan, lanjutnya, semua anak asli Papua harus mengetahui bahasa ibu atau bahasa daerahnya sehingga dalam tahapan ini pasangan calon pimpinan Papua harus membuktikan itu.

“Saya setuju tes bahasa daerah itu. Kalau dibilang anak daerah akan mencalonkan diri, ya buktikan sudah. Itu lebih bagus. Jadi  semua anak asli Papua harus bisa. Jangan sampai anak daerah tapi tidak tahu bahasa daerahnya,” pungkasnya. (ara/rm)

LEAVE A REPLY