JAYAPURA (PT) – Enam pemain rugby Papua dipanggil Tim Nasional (Timnas) untuk menghadapi Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Keenam atlet tersebut adalah Laurens Oyeytow dan John Wally dari Kabupaten Jayapura, Lesli Deda dari Kota Jayapura, Verro OIua dari Klub Manuai Yoka, Wendei dari Kabupaten Jayapura, dan Cecilia Soway dari Mimika.

“Enam atlet putra dan putri yang dipanggil ke Pelatnas setelah mereka mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Rugby bertajuk Road To Asian Games 2018 sejak 25 sampai 26 Oktober 2017 di GOR Soemantri Bodjonegoro Kuningan Jakarta akhir tahun 2017 lalu,” kata Ketua Harian Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Provinsi Papua George Deda saat dikonfirmasi wartawan olahraga, Rabu (24/01/17).

George mengatakan, Pengurus Pusat Rugby union Indonesia (PRUI) melalui Bidang Prestasi (Binpres) memanggil 11 pemain tim rugby Papua. Namun, hanya enam atlet yang bersedia mengikuti pelatnas.

“Lima pemain tidak bisa mengikuti pelatas dengan alasan yang berbeda-beda, tidak mendapatkan ijin dari tempat kerja maupun sekolah,” katanya.

Dirinya optimis keenam atletnya tersebut merupakan pemain terbaik Papua yang dapat terpilih bergabung dengan tim nasional (timnas) serta diproyeksikan pada tim rugby PON 20 Papua.

“Mereka sekarang yang hadir disana rata-rata semua pemain terbaik Papua, saya yakin dan menilai mereka pantas masuk timnas, karena kemampuan mereka diatas rata-rata jadi pasti masuk, mereka ini juga kita persiapkan untuk tim Rugby PON 2020,” pungkasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY