JAYAPURA (PT) – Pemerintah Kota Jayapura melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menggelar sosialisasi tentang pelayanan pensiun Aparat Sipil Negara (ASN) Kota Jayapura.

Kegiatan ini kerjasama Pemkot Jayapura dengan BPR Irian Sentosa dan PT. Taspen berlangsung di Aula Badan Pendidikan dan Pelatihan Kota Jayapura dan diikuti sebanyak 71 peserta yang akan purna bhakti.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru mengatakan, pelayanan pensiunan Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jayapura tidak boleh dipersulit oleh PT. Taspen dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Irian Sentosa.

“Pemerintah telah membuat MoU dengan BPR. Ini dianggap untuk mempermudah proses pelayanan nasabah ASN dari Kota Jayapura kemudian BPR memberikan syarat yang tidak berbelit namun mudah terjangkau dan dapat dipenuhi oleh warga. Selanjutnya program sinergitas dengan BPKAD dan semua OPD kita, sehingga mudah aksesnya dan dapat memberikan keuntungan bagi pensiunan,” terang Rustan.

Ia menjelaskan, hal ini dilakukan untuk mempermudah pelayanan dimana Pemkot Jayapura telah menerapkan program penataan pensiun dan kenaikan pangkat secara otomatis yang berbasis paper list.

“Pemerintah sudah melaunching satu program penataan pensiun otomatis dan kenaikan pangkat secara otomatis, berbasis paper list,” ucapnya.

Rustan berharap dengan adanya program ini maka proses penyelesaian hak-hak pensiunan ASN tidak lagi melalui tahapan birokrasi yang panjang, sehingga bisa diminimalisir menjadi mudah dan cepat.

“Dengan adanya program ini proses penyelesaian hak-hak pensiun melalui birokrasi pemerintah bisa diminimalisir, sehingga mudah dan cepat,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan BKPP, Carlos Nataniel mengatakan, berdasarkan UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara bahwa bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta purna bhakti atau pensiunan dengan pihak BPR Irian Sentosa dan PT Taspen tentang hak dan kewajibannya dalam menangani pensiunan lanjut usia.

“Tujuannya menginformasikan kepada perbankan BPR dan pelayanan PT Taspen untuk menuntaskan hak para pension kemudian menginformasihkan kepada ASN yang measuki masa purna bhakti  mengenai hak dan kewajiban para pension serta sebagai bentuk informasi pelayanan dari PT Taspen dan BPR Irian Sentosa yang berbasis lansia,” pungkasnya. (ri/rm)

LEAVE A REPLY