WAMENA (PT) – Dari 62 Calon Pegawai Neger Sipil (CPNS) yang merupakan prekrutan khusus kementeri yang telah mengikuti prajabatan selama 1 minggu di Diklat Jayawijaya akan ditempatkan di 3 instansi pemerintah yakni Dinas Kesehatan sebanyak 44 orang, Dinas Pertanian sebanyak 15 orang dan Dinas Keuangan sebanyak 5 orang di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Asisten 1 Sekda Kabupaten Jayawijaya, Tinggal Wusono mengakui bahwa CPNS ini merupakan formasi khusus dari kementrian tetapi karena pengangkatannya awal ditempatkan di daerah sehingga CPNS ini diserahkan kepada daerah.

Kemudian untuk prajabatan ini sebenarnya ada tiga instansi yang menjadi rujukan penempatan seperti Dinas Kesehatan untuk ditempatkan dilayanan kesehatan seperti Puskesmas.

“Ada juga dilingkungan Dinas Pertanian sebagai penyuluh pertanian dan Badan Keuangan sebagai tenaga administrasi leuangan.

“Dengan prajabatan ini diharapkan mereka cepat untuk menyesuaikan diri dengan tingkat pekerjaan,” ungkapnya.

Pada prinsipnya, kata Tinggal, 62 CPNS ini bukan orang baru tapi mereka merupakan tenaga honor dan pegawai tidak tetap (PTT) sehingga penyesuaian itu diharapkan semakin cepat, karena pendidikan ini terbatas maka mereka juga harus mau mencari informasi sendiri terkait dengan konferhensif.

“Saya berharap dalam melaksanakan tugasnya nanti mereka tidak menemukan kendala dilapangan, perekutan mereka dari PTT dan perekutan dari kementrian, sehingga kementrian yang mengurus CPNSnya dan diserahkan kepada daerah untuk diberdayakan,” katanya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten jayawijaya, Hironimus Huby mengakui bahwa diklat prajabatan tingkat Jayawijaya terdiri dari tiga OPD.

Menurutnya, setelah mengikuti prajabatan ini status dari 62 orang ini masih tetap CPNS sebelum menerima sertifikat prajabatan yang merupakan persyaratan utama untuk menjadi PNS.

“Jika sertifikatnya sudah ada tahun ini maka kita bisa usulkan untuk menjadi PNS dilingkungan pemda Jayawijaya,” pungkasnya. (tar/rm)

LEAVE A REPLY