JAYAPURA (PT) – Dokumen tujuh Cabang Olahraga (Cabor) tambahan usulan Komite Olahraga Nasional Indoensia (KONI) Papua yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua, Senin (12/3/2018) dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) terbatas yang dipimpin langsung Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman didampingi Wakil Ketua KONI, Mayjen TNI (Pur) Suwarno ruang rapat Kantor KONI Jakarta.

Hadir dalam Rakor tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, TEA. Hery Dosinaen, S.IP, MKP, Sekretaris Pengurus Besar (PB) PON, DR. Yusuf Yambeyabdi, ST, MT, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, SP, M.Si, Wakil Ketua KONI Papua, John Rouw Banua, SE, anggota Binpres KONI Papua, Benny Maniani, Noach Baransano dan Humas KONI Papua, Javaris Sinambela dan Jules Rumabar.

Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Pur) Tono Suratman memberikan apresiasi atas usulan 7 Cabor tambahan KONI Papua yakni Muaythai, Rugby, Gateball, Woodball, Petanque, Tarung Derajat dan Dansa. Ia pun berharap Pemerintah Provinsi Papua, KONI dan PB PON XX dapat segera dapat menentukan venue-venue pertandingan dari Cabor tersebut sehingga pada pekan ketiga Maret 2018 atau tepatnya tanggal 20 Maret 2018 mendatang dapat dipantau langsung oleh tehnical delegate masing-masing Cabor.

“Saya minta KONI, PB PON dan Pemerintah Provinsi Papua segera menentukan lokasi dan venue-venue pertandingan untuk Cabor PON karena tanggal 20 Maret 2018, tehnical delegate akan turun memantau lokasi venus yang akan dilaksanakan di Papua. Apabila ada masukan atau perubahan-perubahan secepatnya melakukan komunikasi dengan kami,” ungkap Suratman.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Papua, Hery Dosinaen berharap KONI Pusat dapat mengakomodir 7 Cabor tambahan dari KONI Papua yang akan ditetapkan pada Rapat Anggota (RAT) KONI April mendatang.

“Ini dari kita untuk kita. Saya minta KONI Pusat terus mendampingi kami sebagai tuan rumah,” kata Sekda.

Sementara itu, Sekretaris PB PON Papua, DR.Yusuf Yambe, ST, MT mengatakan bahwa dalam waktu dua hari mendatang pihaknya akan menyerahkan data dan dokumen terkait venue dan fasilitas pendukung PON termasuk lokasi venue 7 Cabor tambahan.

Menurut Yambeyabdi, lokasi venue 7 Cabor tambahan direncanakan berada di Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Antara lain, Cabor Tarung Derajat di Biak, Rugby di lapangan Bas Youwe Kabupaten Jayapura.

Sedangkan di Kota Jayapura terdiri dari Cabor Dansa di GOR Cenderawasih, Gateball dan Pentaque di lapangan Universitas Cenderawasih dan Woodball di lapangan Kodam XVII Cenderawasih.

Ditempat yang sama, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, SP, M.Si mengatakan bahwa KONI Papua telah menyiapkan seluruh data dan dokumen terkait cabor-cabor dan nomor lomba yang akan dipertandingkan di PON XX termasuk 7 Cabor tambahan.

Kata Kenius, seluruh Cabor yang diusulkan telah mendapat dukungan dari Pemprov Papua.

“Pertemuan ini sangat penting makanya kita sudah siapkan data secara lengkap. Termasuk juga dukungan dari Pemprov Papua dalam dukungan pendanaan,” pungkas Kenius Kogoya. (dm)

LEAVE A REPLY