JAYAPURA (PT) – Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan, progres pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura sudah mencapai 47 persen. Bahkan, pekan depan sudah masuk pada tahap penanaman rumput stadion.

“Rumput yang ditanam berjenis Zoysia Matrela atau rumput Manila sama dengan rumput di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta,” kata Yusuf kepada wartawan usai ngopi pagi bersama Pjs. Gubernur Papua, Soedarmo dan Kepala SKPD di Cafe Humboldt Jayapura, Rabu (14/3/2018).

Yusuf menyatakan, pembuatan lapangan sudah selesai dan akan melaporkan kepada Pjs. Gubernur untuk menghadiri proses penanaman rumput di stadion yang memiliki fasilitas sama dengan stadin GBK tersebut.

Selain itu, bulan April 2018 sudah masuk tahap pemasangan Athletic Track. Bahkan, direcanakan perwakilan dari IAAf (Internasional Association of Athletics Federation) maupun PASI Pusat akan datang ke Jayapura dan menjadi pendampingan dalam pemasangan sintetis athletic track.

Yusuf menambahkan, sementara ini pihaknya masih menunggu pemaparan dari masing-masing vendor kontraktor (penyediaan produk), karena Stadion Papua Bangkit ini sistemnya komputerisasi pada beberapa alat stadion. Sehingga masing-masing vendor sedang melakukan penawaran.

“Fasilitas stadion Papua Bangkit sama dengan GBK, kita hanya kalah pada kapasitas stadion, dimana stadion kita hanya 45 ribu kursi penonton, sementara GBK sebanyak 80 ribu” ujarnya.

Dalam melakukan penawaran ini, kata Yusuf pihaknya didampingi langsung oleh Polda Papua dan Kejaksaan untuk melihat sejauh mana dari sisi teknis dan nokteknis yang memiliki keunggulan dari penawaran masing-masing vendornya.

Yusuf mengaku, pembangunan stadion sesuai dengan kontrak sisa waktu delapan bulan. Ini waktu yang sangat kritis apalagi sekarang musim hujan. Namun pihaknya optimis pembangunan stadion akan rampung akhir tahun 2018.

Disinggung soal atap stadion, Yusuf mengaku sudah dalam proses pengadaan. Bahkan, atap stadion pun sama dengan stadion GBK Jakarta,” tutupnya. (lam/dm)

LEAVE A REPLY