JAYAPURA (PT) – Sebanyak 53 orang pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jayapura masa bhakti 2017–2021 resmi dilantik Ketua Umum KONI Papua yang diwakilkan Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya di GOR Waringin Kotaraja, Kamis (5/4/2018).

Sekretaris Umum KONI Papua memberikan apresiasinya kepada KONI Kota Jayapura yang dalam hal ini Ketuai Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano yang telah memberikan dukungan 100 persen terselenggaranya PON XXA tersebut.

“PON bukan hanya pelengkap melainkan harus sukses prestasi. Maka kita harus siap berbenah diri, selain siap penyelenggaraan kita harus siap jadi juara. Komitmen Ketum KONI Papua kita harus juara 5 besar,” ungkapnya.

Diakui Kenius, pada PON Jawa Barat tahun 2016, Papua berhasil menduduki peringat atau rangking tujuh. Padahal beberapa penyelenggaraan PON bahwa Papua belum berhasil mencapai 15 besar.

Kenius bahkan menyampaikan pesan Pjs. Gubernur, Soedarmo yang menantang pada PON XX nanti, Papua harus bisa masuk tiga besar.

“Ini merupakan beban tanggung jawab yang harus dipersiapkan dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano mengatakan, Kota Jayapura sebagai pusat pemerintahan, birokrasi, dan peradaban masyarakat Papua sehingga melalui KONI Kota Jayapura siap mendukung 100 persen penyelenggaraan PON XX tahun 2020.

Wali Kota mengakui, pihaknya juga mengajak pengurus yang baru dilantik untuk bersama mensukseskan penyelenggaraan PON XX, mengingat Kota Jayapura sebagai gudangnya atlit di Papua.

Ia juga mengingatkan bagi pengurus Cabang Olahraga (Cabor) untuk mempersiapkan atlit yang akan disumbangkan pada PON XX.

“Dengan harapan sumbangsih tersebut tidak hanya pada ajang nasional melainkan mampu terlibat di ajang olah raga tingkat internasional. Kota Jayapura memiliki fasilitas yang memadai dalam memenuhi kebutuhan para atlit, untuk itu Ketum KONI Kota Jayapura berkomitmen mendanai setiap cabor,” ucapnya. (ri/dm)

LEAVE A REPLY