MERAUKE (PT) – Sehari menjelang pencanganan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan di Sota, Kabupaten Merauke, Mendagri Tjahjo Kumolo mengunjungi masyarakat perbatasan di Sota, Kabupaten Merauke.

Didampingi Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo dan Bupati Merauke, Frederikus Gebze, Mendagri Tjahjo dalam kunjungannya menyempatkan diri berinteraksi dengan masyarakat Sota.

Dialog singkat pun terjadi antara dua pihak dimana, Mendagri menanyakan kesiapan masyarakat setempat untuk mendukung program pemerintah pusat terkait rencana membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sota, Merauke.

Pertanyaan itu sontak mendapat tanggapan positif dari masyarakat setempat yang mengusulkan pembangunan PLBN dilaksanakan secepatnya.

“Intinya pada kesempatan ini saya menyampaikan maksud dari Presiden Jokowi dengan nawacitanya yang ingin membangun dari pinggiran. Termasuk wilayah perbatasan yang langsung berhadapan dengan negara tetangga,” terangnya.

Sementara masyarakat Sota pada kesempatan itu, berpesan kepada Mendagri agar menyampaikan permintaan khusus kepada Presiden Jokowi, supaya bisa menyempatkan diri berkunjung sekaligus melihat secara langsung aktivitas warga di perbatasan Merauke itu.

“Sebab selama ini kami hanya melihat bapak Presiden Jokowi dari televisi. Makanya kami berharap mereka bisa datang mengunjungi kami masyarakat perbatasan di nol kilometer ini,” seru salah satu tokoh masyarakat Sota.

Usai meninjau, Mendagri didampingi Penjabat Gubernur Papua dan Bupati Merauke menyempatkan diri untuk foto bersama di tugu nol kilometer.

Mendagri bersama Gubernur Soedarmo tiba di Sota, juga disambut masyarakat dengan tari-tarian adat serta pemakaian sali dari kulit kayu di pinggang serta mahkota dari Burung Kasuari. (ist/dm)

LEAVE A REPLY